Kompas TV religi beranda islami

Mentimun Sayuran Tertulis dalam Alquran, Begini 5 Khasiatnya untuk Tubuh

Kompas.tv - 14 Oktober 2021, 16:27 WIB
mentimun-sayuran-tertulis-dalam-alquran-begini-5-khasiatnya-untuk-tubuh
ilustrasi mentimun, sayur yang ada dalam Alquran ternyata banyak memilki khasiat (Sumber: congerdesign/Pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam Alquran terdapat sebuah ayat yang berkaitan dengan mentimun. Ya, sayuran yang bagi penduduk tropis seperti Indonesia ini ini tertulis dalam Alquran. Mentimun yang biasa dicocol sebagai lalapan atau dijadikan jus mentimun itu terdapat dalam QS Al-Baqarah ayat 61.

Surat Al-baqarah sendiri adalah surat ke-2 dalam Alquran dan merupakan salah satu surat terpanjang dalam Alquran, ada 286 ayat. Allah SWT berfirman:

Surat Al-Baqarah ayat 61 yang mengisahkan tentang sayur mayur (Sumber: Tangkapan layar Al-Quran Kemenag, Dedik Priyanto/Kompas.tv)

".. Dan (ingatlah), ketika kamu berkata, “Wahai Musa! Kami tidak tahan hanya (makan) dengan satu macam makanan saja, maka mohonkanlah kepada Tuhanmu untuk kami, agar Dia memberi kami apa yang ditumbuhkan bumi, seperti: sayur-mayur, mentimun, bawang putih, kacang adas, bawang merah… ” (QS Albaqarah ayat 61).

Ternyata, selain mentimun adalah jodoh terenak sambel sebagai lalapan makan, sayuran satu ini juga memiliki khasiat bagi tubuh. Dilansir dari Kompas, Berikut lima  di antara khasiat mentimum:

5 Khasiat Timun bagi Tubuh

Pertama, menjaga tetap terhidrasi

Elektrolit dan air yang terdapat dalam mentimum ternyata dapat membantu tubuh untuk terhidrasi. Efeknya, ketika tubuh kekurangan cairan ataua kondisi lagi panas, mentium akan menjaga tetap stabil

Baca Juga: 4 Jenis Sayuran Ini Tertulis dalam Alquran, Kebanyakan Tumbuh di Indonesia

Kedua, mencegah kanker

Kandungan mentimun juga dianggap bisa mencegah kanker. Mentimun yang tidak dikupas juga bisa menawarkan bagi tubuh 1 gram serat yang dapat melindungi tubuh dari kanker kolorektal

Ketiga, mencegah diabetes

Dalam mentimun terdapat zat yang dapat membantu menurunkan gula darah agar tidak melonjak tinggi. Cucurbitain dalam  mentium juga dipercaya membantu mengelola pelepasan insulin dan metabolism glikogen hati, hormone kunci dalam memproses gula darah tubuh.

Keempat, mengatasi peradangan

Mentimun ternyata memiliki zat anti inflamasi. Para ahli banyak yang percaya, peradangan ini dapat memicu masalah kesehatan

Kelima, menjaga kesehatan tulang

Dalam mentimun terdapat 19,9 mg kalsium dan vitamin K. ini membantu penyerapan kalsium daplam tubuh dan mampu menjaga kesehatan tulang.

Baca Juga: Jahe Disebut dalam Alquran, Ternyata Punya Khasiat Luar Biasa! Apa Saja?

Itulah lima khasiat dari mentimum, salah satu sayuran yang tertulis dalam Alquran. Pelbagai keistimewaan dalam mentimun ini ternyata baik sekali untuk tubuh, apalagi kita tinggal melangkahkan kaki ke pasar atau swalayan terdekat untuk meraihnya. 

Jadi, Sudahkah anda lalapan mentimun hari ini?



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x