Kompas TV religi beranda islami

Jahe Disebut dalam Alquran, Ternyata Punya Khasiat Luar Biasa! Apa Saja?

Kompas.tv - Diperbarui 21 September 2022, 19:31 WIB
jahe-disebut-dalam-alquran-ternyata-punya-khasiat-luar-biasa-apa-saja
Foto ilustrasi air jahe hangat. Jahe adalah salah satu rempah yang disebutkan dalam Alquran. Bahkan, disebut sebagai salah satu minuman penghuni surga. (Sumber: benefits of ginger via tribunjogja)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sudahkah Anda meminum minuman dari jahe hari ini? Jika belum, sebaiknya Anda mulai meminumnya sebab selain enak, jahe juga menyehatkan.

Jahe adalah salah satu rempah yang disebutkan dalam Alquran. Bahkan, disebut sebagai salah satu minuman penghuni surga.

Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Surat Al Insan ayat 17 yang berbunyi, “Di dalam surga mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.”

Baca Juga: Dua Jenis Obat Alami dari Alquran Ini Ada di Sekitar Anda, Ampuh untuk Kesehatan

Lalu, apa khasiat minuman jahe bagi kesehatan?

Jahe sebagai minuman memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Melansir dari Kompas.com, berikut tujuh khasiat minuman jahe bagi tubuh:

Menangkal infeksi bakteri dan virus

Jika Anda sering meminum minuman jahe, daya tahan tubuh akan lebih kuat. Salah satunya dari serangan bakteri atau virus tertentu. Ada kandungan gingerol dalam jahe yang dapat menghambat infeksi bakteri seperti Shingela, e.coli dan sebagainya. 

Selain itu, jahe juga memilik antioksidan yang dapat mencegah kerusakan tubuh, stres dan mengatasi pilek serta flu.

Obat antimual

Ini alasan mengapa biasanya usai operasi atau saat hamil disarankan untuk minum minuman jahe, apalagi yang hangat. Sebab jahe ternyata bisa mengurangi gas dalam perut. Meski begitu, untuk ibu hamil tetap disarankan tetap tanya ke dokter untuk kadar konsumsinya.

Mengatasi gangguan pencernaan

Jahe juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Caranya, dengan mempercepat pengosongan lambung dan mengurangi timbulnya masalah perut.

Meningkatkan fungsi otak



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x