Kompas TV religi beranda islami

4 Jenis Sayuran Ini Tertulis dalam Alquran, Kebanyakan Tumbuh di Indonesia

Kompas.tv - 11 Oktober 2021, 15:25 WIB
4-jenis-sayuran-ini-tertulis-dalam-alquran-kebanyakan-tumbuh-di-indonesia
Surat Al-Baqarah ayat 61 yang mengisahkan tentang sayur mayur (Sumber: Tangkapan layar Al-Quran Kemenag, Dedik Priyanto/Kompas.tv)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tahukah kamu, ada empat jenis sayuran yang disebutkan dalam Alquran. Jenis sayuran ini ternyata banyak loh tumbuh di negeri tropis seperti Indonesia. Khasiatnya juga banyak.

Sayur mayur ini disebutkan dalam Alquran surat surat Al-Baqarah ayat 61. Al-Baqarah adalah surat kedua dalam Alquran  dan terdiri dari 286 ayat. Surat ini tergolong dalam surah Madaniyah, artinya surat yang diturunkan ketika periode Rasulullah di kota Madinah.

Begini penyebutan sayur-mayur dalam Al-Baqarah ayat 61 itu dan berkaitan erat dengan kisah Nabi Musa. Allah SWT berfirman:

Artinya... Dan (ingatlah), ketika kamu berkata, “Wahai Musa! Kami tidak tahan hanya (makan) dengan satu macam makanan saja, maka mohonkanlah kepada Tuhanmu untuk kami, agar Dia memberi kami apa yang ditumbuhkan bumi, seperti: sayur-mayur, mentimun, bawang putih, kacang adas dan bawang merah.”…” (QS Al-Baqarah ayat 61)

Baca Juga: Dua Jenis Obat Alami dari Alquran Ini Ada di Sekitar Anda, Ampuh untuk Kesehatan

4 Sayuran dalam Alquran itu adalah:

Pertama, Mentimun

Ya, anda tidak salah dengar. Mentimun disebutkan dalam Alquran sebagai salah satu sayuran yang ditumbuhkan dari bumi. Khasiat sayur yang kerap dimakan bersama sambel ini banyak, mulai dari menjaga kesehatan tulang hingga membuat tubuh selalu terhidrasi.

Kedua, Bawang Putih

Bawang putih juga salah satu jenis sayuran/rempah yang disebut dalam Alquran. Bawang putih juga banyak sekali tumbuh di Indonesia. Khasiatnya selain untuk bumbu utama masakan, juga dapat mencegah penyakit jantung hingga kolesterol

Ketiga, Bawang Merah

Ini dianggap ‘kekasih’ dari dari bawang putih. Bawang merah juga relatif bersahabat dengan tanah di Indonesia. Bahkan tak jarang pekarangan rumah-rumah di sekitar juga menanam bawang merah yang juga tercatat dalam Alquran ini.  

Khasiat bawang putih juga banyak, mulai dari memperlancar aliran darah hingga bisa mengurasi risiko jantung. Namun, bagi orang Indonesia bawang merah tentu paling enak sebagai bahan untuk sambel dan ragam masakan lainnya.

Keempat, Kacang Adas

Nah, yang terakhir ini agaknya yang sulit tumbuh atau jarang ada di Indonesia. Meski begitu, tanaman ini juga mulai dikembangkan di tanah air meskipun dalam jumlah yang belum masif. Kebanyakan di daerah seperti Timur Tengah dan India.

Khasiat Adas ternyata begitu banyak, mulai dari membantu melancarkan menstruasi hingga menjaga jantung.

Baca Juga: 4 Jenis Buah Ini Tercatat dalam Al Quran, Rasanya Enak dan Gampang Ditemukan di Indonesia

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x