Kompas TV nasional peristiwa

Menteri BUMN Erick Thohir Laporkan Kinerja PT Freeport Indonesia ke Presiden Jokowi

Kompas.tv - 12 Oktober 2021, 15:45 WIB
Penulis : Aryo bimo

GRESIK, KOMPAS.TV - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menyampaikan laporan kinerja PT Freeport Indonesia kepada Presiden Joko Widodo.

Laporan tersebut disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir, saat berpidato di acara Groundbreaking Pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia, di Kawasan Ekonomi Eksklusif (KEK) Gresik, Jawa Timur, Selasa (12/102021).

Baca Juga: Khofifah Titip Pesan ke Jokowi Melalui Erick Thohir, Ini Isinya

Erick menyebutkan beberapa peningkatan yang terjadi setelah Pemerintah resmi menguasai 51 persen saham PT Freeport Indonesia.

"Kami laporkan bapak Presiden, bahwa alhamdulillah setelah republik Indonesia sesuai dengan arahan bapak Presiden, mengambil 51 persen saham Freeport. Hari ini kita bisa pastikan kinerja, inovasi, dan tranformasi yang ada di PT Freeport terus berlangsung," ucap Erick.

Baca Juga: Erick Thohir: Pembangunan Smelter Freeport di Gresik Serap 40 Ribu Tenaga Kerja

Erick melanjutkan, peningkatan itu terjadi di bidang pendapatan dan keuntungan selama setahun terakhir.

Jumlahnya pun tak main-main, PT Freeport berhasil mencatatkan peningkatan keuntungan sebesar 100 persen. Dari Rp50 trilyun di tahun 2020, menjadi Rp105 trilyun di tahun 2021.

"Pertumbuhan pendapatan Freeport dibandingkan tahun kemarin dan tahun ini, itu meningkat hampir 100 persen. Yang tahun kemarin  itu 50 trilyun, tahun ini Desember rencananya 105 trilyun. Lalu juga keuntungan bersih yang tahun kemarin itu 10 trilyun, direncanakan sampai Desember ini 40 trilyun," pungkasnya.

Video Editor: Febi Ramdani



Sumber : Sekretariat Presiden

BERITA LAINNYA



Close Ads x