Kompas TV nasional peristiwa

Peringatan Dini BMKG, 7 Oktober 2021: 20 Daerah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem

Kompas.tv - 7 Oktober 2021, 05:13 WIB
peringatan-dini-bmkg-7-oktober-2021-20-daerah-berpotensi-alami-cuaca-ekstrem
Ilustrasi potensi cuaca ekstrem sesuai prakiraan cuaca BMKG hari ini. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - BMKG telah mengeluarkan prakiraan cuaca hari ini, Kamis (7/10/2021). Dalam pernyataan itu, BMKG memberi peringatan dini potensi cuaca ekstrem di 20 daerah.

Pantauan BMKG menunjukkan ada sejumlah faktor yang memengaruhi cuaca hari ini dan berpotensi menyebabkan cuaca ekstrem di beberapa wilayah.

Pertama, ada gangguan fenomena Madden Jullian Oscillation (MJO) di sejumlah daerah. Hal ini ditambah keberadaan gelombang Kelvin, gelombang Rossby Ekuator, dan gelombang tipe Low Frequency.

Selain itu, BMKG memantau pusat tekanan rendah di Samudera Pasifik timur Filipina. Lalu, BMKG juga memantau sirkulasi siklonik di sekitar perairan barat Australia.

Hal ini menyebabkan konvergensi di beberapa daerah dan mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar pusat tekanan rendah serta sirkulasi siklonik.

Baca Juga: BRIN Prediksi 25 Persen Kawasan Jakarta Akan Tenggelam di Tahun 2050

Kemudian, ada pula fenomena labilitas lokal kuat serta intrusi udara kering atau dry intrusion.

Berbagai faktor itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan serta cuaca ekstrem, seperti hujan lebat, angin kencang, hingga banjir.

Berikut wilayah-wilayah Indonesia yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem pada 7 Oktober 2021:

Potensi Hujan Lebat 

Aceh, Kep. Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku dan Papua Barat.

Potensi Angin Kencang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x