Kompas TV religi beranda islami

Wirid Zikir 'Ya Fattah Ya Razzaq' Asmaul Husna, Doa untuk Memperlancar Rezeki

Kompas.tv - Diperbarui 9 September 2022, 17:52 WIB
wirid-zikir-ya-fattah-ya-razzaq-asmaul-husna-doa-untuk-memperlancar-rezeki
Ilustrasi berzikir. Wirid Zikir 'Ya Fattah Ya Razzaq' Asmaul Husna, dipercaya sebagai doa untuk memperlancar rezeki (Sumber: nu.or.id)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jika ingin memperlancar rezeki, salah satu cara selain ikhtiar usaha adalah adalah dengan memperbanyak wirid atau zikir. Salah satu zikir itu bisa dengan menggunakan nama-nama Allah (Asmaul Husna).

Allah SWT berfirman dalam Surat Al-A’raf ayat 180 tentang keutamaan membaca zikir dengan wasilah (perantara) dari 99 nama Allah ini:

“Dan Allah memiliki Asma'ul-Husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asma'ul-Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan."

Dua nama dari 99 Asmaul Husna itu kerap digunakan sebagai wirid. Lalu, berapa banyak yang harus diamalkan?

Allah SWT menyukai hal yang ganjil, jadi sebaiknya ketika mengamalkan juga di bilangan witir (Ganjil) itu. Bisa dengan 33, 99 maupun kelipatan ganjil lainnya.

Meski begitu, pada dasarnya Anda juga bisa mengamalkannya sebanyak mungkin dengan waktu yang bisa dipilih.

Tapi lebih baik, waktunya di waktu-waktu mustajab, seperti pada pagi hari setelah Salat Subuh maupun pada sepertiga malam usai salat Tahajud.  

Dua nama Allah yang bisa dijadikan wirid zikir untuk memperlancar rizki adalah:

YA FATTAH, YA ROZZAQ

Artinya: Wahai yang Maha Pembuka Kebaikan, Wahai Maha Pemberi Rezeki.

Baca Juga: Zikir Sore Al-Qayyum Asmaul Husna, Biar Hati Lebih Tenang

Ya Fattah sebagai jalan untuk membuka segalanya, sebagai cara untuk ‘mengetuk’ pintu langit melalui perantara (wasilah) dari asmaul husna ini.

Sedangkan Ya Rozzaq bermakna sebagai perantara untuk melancarkan rezeki, agar Allah senantiasa meridhoi segala usaha kita dala mendapatkan rezeki dari-Nya.

Tentu saja, selain itu untuk urusan rezeki, sebenarnya wirid zikir memakai Asmaul Husna bisa dipakai apa saja tergantung azam (keinginan) dari orang tersebut.

Itulah salah satu alasan para ulama menyarankan untuk istiqomah mengamalkan zikir memakai asmaul Husna ini.

Rasulullah saw bersabda, "Sesungguhnya Allah Swt memiliki 99 nama, seratus kurang satu. Barang siapa yang menghitung atau menghafalnya, maka ia masuk surga." (HR. Bukhari).

Semoga Allah senantiasa meridhoi kita semua dan melancarkan segala urusan kita. Amin. Wallahu a’lam.

Baca Juga: ZIkir Penenang Hati, Baca Saat Menjelang Tidur hingga Terlelap

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x