Kompas TV religi beranda islami

Zikir Sore Al-Qayyum Asmaul Husna, Biar Hati Lebih Tenang

Kompas.tv - 20 September 2021, 16:48 WIB
zikir-sore-al-qayyum-asmaul-husna-biar-hati-lebih-tenang
ilustrasi zikir yang bisa dilakukan di mana saja (Sumber: jcomp/freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada banyak zikir di sore hari dan zikir Al-Qayyum salah satu yang membuat hatimu bisa jadi lebih tenang. Apalagi, Al-Qayyum ini adalah bagian dari Asmaul Husna, salah satu dari 99 asma Allah.

Zikir dan doa menggunakan wasilah (jembatan) Asmaul Husna dianggap lebih makbul (terkabul).  Sebab, seperti janji Allah, jika seorang hamba berzikir atau berdoa, hendaklah ia menyebut nama-Nya.

Allah SWT berfirman dalam Surat Al-A’raf ayat 180,

“Dan Allah memiliki Asma'ul-Husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asma'ul-Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan."

Al-Qayyum sendiri memiliki arti Yang Menegakkan (memelihara)  kehidupan makhluknya. Hal ini termaktub dalam firman Allah Surat al-Baqarah ayat 255, berbunyi:

ALLAHU LAILAHA ILLLA HUWAL HAYYUL QAYYUM

Artinya: “(Demi) Allah, Tiada Tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup. Yang terus-menerus mengurus (makhluk-Nya).”

Begitulah, sebagai muslim kita bisa berzikir dengan menggunakan salah satu sifat Allah ini ketika sore hari tiba.

Ya Qayyum, ya Qayyum, ya Qayyum

Berzikirlah dengan asma Allah ini, sebab ketika kita mendalami makna di dalamnya kita akan menemukan fakta: Allah senantiasa menjaga hamba-Nya. Allah terus mengurusi hamba-Nya dan Dia adalah Dzat yang Maha Penegak kehidupan.

Jadi, jika kamu risau terhadap himpitan ekonomi, sedih akan hidup dan bingung terhadap pelbagai kondisi, maka zikirlah sore ini dengan Al-Qayyum ini. Karena Allah di atas sana akan selalu mengamati kita. Allah, sekali lagi,  akan senantiasa menjaga dan mengurus kita sebagai hamba-Nya. 

Jadi, apalagi yang membuat hatimu tidak tenang, padahal Allah senantiasa di sisi-Mu?

Wallahu a’lam.

Baca Juga: Zikir yang Pahalanya Sebesar Langit dan Bumi

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x