Kompas TV internasional kompas dunia

Gunung Berapi di Spanyol Meletus, Seribu Orang Dievakuasi

Kompas.tv - 20 September 2021, 05:17 WIB
gunung-berapi-di-spanyol-meletus-seribu-orang-dievakuasi
Ilustrasi Gunung Merapi memuntahkan awan panas. (Sumber: Dok. BPPTKG)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Fadhilah

MADRID, KOMPAS.TV - Sebuah gunung berapi di Pulau La Palma, yang berada di Samudra Atlantik, Spanyol, meletus pada Minggu (19/9/2021). Sebelumnya, gunung ini selalu aktif dengan aktivitas seismik selama seminggu terakhir.

Peristiwa ini membuat sekitar 1.000 warga yang tinggal di sekitarnya dievakuasi, karena aliran lava mulai merayap menuju rumah-rumah penduduk yang berada di pegunungan.

Baca Juga: Gunung Semeru Keluarkan Lava Pijar 6 Kali Disertai 7 Letusan dalam Sehari

Institut Vulkanologi Kepulauan Canary melaporkan, letusan terjadi di dekat ujung selatan pulau. Mereka terakhir kali melihat letusan gunung ini pada 1971.

Seperti dikutip dari The Associated Press, Gumpalan merah besar dengan asap hitam-putih mengepul di atasnya, menyembur di sepanjang punggung gunung berapi Cumbre Vieja.

Aktivitas gunung telah diamati dengan cermat oleh para ilmuwan setelah akumulasi lava cair di bawah permukaan dan terjadinya gempa bumi kecil selama beberapa hari terakhir.

Baca Juga: Keluarkan Lava Pijar, Gunung Semeru Kini Berstatus Waspada!

Mariano Hernández, Presiden Pulau La Palma, mengatakan, tidak ada laporan langsung tentang kematian atau cedera akibat peristiwa ini. Namun demikian, menurutnya, ada lima titik erupsi, yang dua di antaranya memuntahkan magma.

La Palma, dengan populasi 85.000, merupakan salah satu dari delapan pulau di kepulauan Kepulauan Canary, Spanyol, yang berada di lepas pantai barat Afrika.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x