Kompas TV regional berita daerah

Gunung Semeru Keluarkan Lava Pijar 6 Kali Disertai 7 Letusan dalam Sehari

Kompas.tv - 17 September 2021, 17:03 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur kembali mengeluarkan guguran lava pijar. Dari pengamatan pos gunung semeru, guguran lava pijar terjadi sebanyak enam kali dalam sehari (17/9/2021) dengan jarak luncur 900 meter.

Guguran lava pijar gunung semeru intens terjadi sejak sepekan terakhir. Jika tidak tertutup kabut, lava berwarna merah terlihat jelas keluar dari arah tenggara, tepatnya 200 meter dari puncak kawah dan meluncur ke arah curah kobokan.

Guguran lava pijar juga dibarengi dengan 7 kali letusan dalam sehari, dengan tinggi asap 700 meter berwarna putih kelabu, menuju ke arah barat daya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten setempat terus berkoordinasi dengan pos pengamatan gunung api semeru untuk memantau peningkatan aktivitas gunung semeru.

“BPBD terus berkoordinasi dengan petugas pos pengamatan untuk memantau perkembangan peningkatan aktivitas gunung semeru. Hal ini untuk mempersiapkan segala kemungkinan terburuk, yang bisa terjadi kapanpun” ujar Wawan Hadi Siswoyo, Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD.

Baca Juga: Gunung Semeru Kembali Keluarkan Lava Pijar, Warga Sempat Panik

Sementara dari data pos pengamatan gunung semeru di gunung sawur, gunung semeru masih berstatus waspada atau level II.

 

#GunungSemeru #LavaPijar #ErupsiSemeru



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x