Kompas TV regional berita daerah

Ridwan Kamil Targetkan 4,2 Juta Warga Bogor Selesai Divaksin Desember 2021

Kompas.tv - 16 September 2021, 15:47 WIB
ridwan-kamil-targetkan-4-2-juta-warga-bogor-selesai-divaksin-desember-2021
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil targetkan 4,2 juta warga Kabupaten Bogor selesai divaksin pada Desember 2021. (Sumber: Dok. Humas Pemprov Jabar)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

BOGOR, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menargetkan sebanyak 4,2 juta warga Kabupaten Bogor telah rampung divaksin Covid-19 pada akhir Desember 2021. 

Target tersebut merupakan bagian dari kampanye 37 juta warga Jawa Barat divaksin untuk mencapai kekebalan komunal (herd immunity).  

"Target dari Kabupaten Bogor juga Jawa Barat adalah bulan Desember. Sebanyak 70% warga Jabar kalau ditotal adalah 37 juta jiwa, terbesar di Indonesia, itu harus selesai," kata Ridwan Kamil dalam keterangan resminya yang dikutip Kamis (16/9/2021). 

"Bogor juga sama 70%nya adalah 4,2 juta ditargetkan juga selesai di bulan Desember," ucapnya.

Lebih lanjut, Gubernur Jabar ini menuturkan bahwa kecepatan rata-rata harian vaksin di Kabupaten Bogor sekitar 50.000 per hari.

Jika langkah ini konsisten dilakukan, dia mengatakan target 4,2 juta masyarakat divaksin pada akhir tahun bisa tercapai .

"Kecepatan di Kabupaten Bogor sekitar 50.000 per hari. Kalau itu dilakukan per tiga puluh hari kan 1,5 juta, masih ada waktu di bulan Oktober November Desember kali tiga bulan 4,2 juta itu bisa," jelasnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Sebut 18 Juta Dosis Vaksin Telah Disuntikkan ke Warga Jabar
 
Meski demikian, Ridwan Kamil menegaskan untuk menyukseskan target tersebut semua pihak harus ikut bergerak.

Mengintat, jika hanya upaya dari pemerintah saja, maka tidak akan cukup untuk mengejar target tersebut. 

"Syaratnya semua bergerak. Siapa itu semua, ada institusi dari pemerintah daerah, puskesmas, rumah sakit. Ada institusi TNI/Polri, dan juga ada pihak ketiga seperti kelompok usaha, partai politik silakan. Organisasi masyarakat kita motivasi, juga organisasi profesi," kata Ridwan Kamil Menegaskan.

Ridwan Kamil menyatakan, setelah vaksinasi rampung, masyarakat dapat hidup berdamai dengan Covid-19 dan beberapa aktivitas bisnis dan ruang publik sudah bisa kembali dibuka.  

Namun, dia juga mengingatkan kepada masyaraka, meski sudah divaksin harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan khususnya menggunakan masker.

Penerapan protokol kesehatan ini harus tetap dilakukan sampai Presiden Joko Widodo mengumumkan Indonesia sudah bebas dari Covid-19. 

Baca Juga: Kalbe dan Kompas Gramedia Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bandung



Sumber : Kompas TV/Laman Pemprov Jawa Barat


BERITA LAINNYA



Close Ads x