Kompas TV nasional peristiwa

Penerapan Ganjil Genap Dinilai Efektif Tekan Volume Kendaraan di Jalur Puncak-Cianjur

Kompas.tv - 12 September 2021, 20:10 WIB
penerapan-ganjil-genap-dinilai-efektif-tekan-volume-kendaraan-di-jalur-puncak-cianjur
Jumlah kendaraan dari Jakarta yang masuk ke Jalur Puncak, Bogor, berkurang setelah dilakukan uji coba penerapan sistem ganjil genap pada Sabtu (4/9/2021). (Sumber: ANTARA/Ahmad Fikri)
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Hariyanto Kurniawan

CIANJUR, KOMPAS.TV – Kepolisian Resor Cianjur menilai penerapan sistem ganjil genap di Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, efektif untuk menekan volume kendaraan dari luar kota menuju berbagai destinasi wisata dan tempat kunjungan lainnya di Cianjur.

"Kami akan mengevaluasi kembali penerapan ganjil genap di jalur Puncak-Cianjur, karena ini cukup efektif dalam menekan mobilitas kendaraan terutama di kawasan Puncak-Cipanas yang selama ini rawan macet total," kata Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan, hari ini, Minggu (12/9/2021), seperti dikutip dari Antara.

Doni mengatakan sejak penerapan sistem ganjil-genap di jalur utama Puncak yang dimulai dua pekan lalu, tidak terjadi antrean panjang kendaraan seperti yang terjadi di wilayah hukum Bogor yang sempat mengular.

Situasi lalu lintas selama akhir pekan juga ramai lancar, hanya laju kendaraan tersendat di beberapa titik rawan. Namun, kata dia, tidak sampai terjadi macet total.

Baca Juga: Kelabui Ganjil Genap Kawasan Puncak, Puluhan Kendaraan Kedapatan Pakai Pelat Nomor Palsu

Setelah dilakukan rekayasa arus, titik rawan macet seperti Jalan Raya Pacet, Pasekon hingga Hanjawar, mulai kembali normal.

Namun saat sore, volume kendaraan terlihat meningkat menuju arah Bogor, seiring dengan tutupnya tempat wisata kota sehingga pihaknya, kata Doni, akan meminta sistem tersebut kembali diterapkan.

"Kemungkinan penerapan ganjil-genap akan dilakukan karena selama dua pekan terakhir tidak ada macet total di jalur Puncak. Kami akan koordinasikan dengan atasan dan Pemkab Cianjur. Ganjil-genap efektif untuk mengatasi tingginya volume kendaraan saat akhir pekan," kata Doni.

Senada dengan Doni, Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, penerapan ganjil-genap di jalur Puncak sangat efektif mengurangi volume kendaraan dari luar kota. Sehingga pihaknya berkoordinasi dengan Polres Cianjur untuk menerapkan ganjil-genap meski ke depan Cianjur masuk ke level 1.

"Kami menilai ganjil genap untuk sementara dapat diterapkan kembali karena efektif menekan mobilitas kendaraan pengunjung ke Cianjur. Nanti setelah dinyatakan nol kasus, kita akan terapkan normal kembali," kata Herman.

Baca Juga: Ganjil Genap Diperpanjang, Polisi Juga Terapkan Crowd Free Night, Ini Titik-titik Lokasi di Jakarta

 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x