Kompas TV nasional sosial

Aplikasi PeduliLindungi Menunjukkan Warna Barcode Hitam, Apa Artinya?

Kompas.tv - 8 September 2021, 06:42 WIB
aplikasi-pedulilindungi-menunjukkan-warna-barcode-hitam-apa-artinya
Muncul tanda warna hitam dalam aplikasi PeduliLindungi. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Aplikasi PeduliLindungi kini menambahkan warna baru dalam status pendeteksian kesehatan penggunanya. Sebelumnya status yang terdapat dalam aplikasi ini adalah merah, kuning, dan hijau.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan pemerintah telah menambahkan warna baru dalam aplikasi PeduliLindungi yakni hitam.

Kriteria berwarna hitam yang ada pada PeduliLindungi menandakan pengguna terkonfirmasi positif Covid-19 atau memiliki riwayat kontak erat dengan pasien Covid-19.

Baca Juga: Muncul Warna Merah, Kuning, atau Hijau Setelah Scan Barcode di Aplikasi PeduliLindungi? Ini Artinya

"Kriteria ini adalah mereka yang kasus positif dan kontak erat dengan yang positif. Ini dilakukan evaluasi agar tidak melakukan aktivitas dalam meningkatkan terjadinya kasus," ungkap Dante dikutip dari Kompas.com, Selasa (7/9/2021).

Melalui uji coba penggunaan aplikasi PeduliLindungi, pihaknya berhasil mendata sebanyak 1.625 orang kriteria hitam mencoba melakukan aktivitas di tempat publik.

"Itu terutama disebabkan karena mereka terdeteksi di sektor perdagangan terutama ketika akan masuk mal," terangnya.

Baca Juga: Catat! Mulai Hari Ini STRP Tak Berlaku Lagi, Diganti PeduliLindungi

Ribuan orang yang memiliki kriteria hitam tersebut tak mengetahui atau sudah diketahui sebelumnya menderita Covid-19 atau melakukan kontak erat. Namun mereka masih berkeliaran di jalan.

Melalui PeduliLindungi pemerintah terus memantau, melakukan mitigasi, dan mengevaluasi mobilitas dalam masyarakat untuk menekan angka Covid-19.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x