Kompas TV nasional sosial

Muncul Warna Merah, Kuning, atau Hijau Setelah Scan Barcode di Aplikasi PeduliLindungi? Ini Artinya

Kompas.tv - 6 September 2021, 05:29 WIB
muncul-warna-merah-kuning-atau-hijau-setelah-scan-barcode-di-aplikasi-pedulilindungi-ini-artinya
Ilustrasi aplikasi PeduliLindungi. (Sumber: KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Fadhilah

SOLO, KOMPAS.TV - Notifikasi warna akan muncul usai kita melakukan scan barcode melalui aplikasi PeduliLindungi. Warna tersebut ternyata merupakan tanda yang menentukan apakah kita bisa mengakses fasilitas publik atau tidak.

Sebelumnya diberitakan, PeduliLindungi merupakan aplikasi wajib yang harus digunakan oleh masyarakat di sejumlah aktivitas atau mengakses fasilitas publik selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di tiap level.

Adapun berikut ini merupakan arti tiga warna yang muncul setelah memindai barcode di aplikasi PeduliLindungi.

Baca Juga: Jangan Sampai Lupa, Ini Daftar Aktivitas dan Tempat yang Wajib Gunakan PeduliLindungi selama PPKM

  • Merah 

Artinya, pengunjung belum divaksinasi Covid-19 atau bisa juga pengunjung dalam kondisi terpapar atau kontak erat dengan Covid-19. Pengunjung yang memiliki status warna ini tidak diperbolehkan masuk ke tempat umum.

  • Kuning/oranye

Artinya, pengunjung sudah divaksinasi dosis pertama. Pengunjung diperbolehkan masuk setelah petugas melakukan verifikasi lebih lanjut. Pengunjung yang memiliki warna barcode ini wajib menerapkan protokol kesehatan sangat ketat.

  • Hijau

Artinya, status aman. Warna hijau artinya pengunjung sudah melakukan vaksinasi dosis lengkap dan diperbolehkan mengakses fasilitas umum.

Rencana Tambahan Warna Hitam

Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, nantinya aplikasi PeduliLindungi bakal menambahkan satu warna tanda baru yakni hitam.

"Iya, benar ada 3 warna. Tapi, ada warna hitam tambahannya, tapi aku belum dapat info lebih lanjut tentang ini," ujarnya.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x