Kompas TV nasional kesehatan

Penderita Diabetes Terpapar Covid-19, Apakah Bahaya?

Kompas.tv - 7 September 2021, 17:17 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Berawal dari pola makan yang tidak diperhatikan, kadar gula yang terdapat dari makanan akan masuk ke dalam tubuh tanpa terkontrol, hal inilah yang sering dialami pada umumnya masyarakat, hingga menyebabkan timbulnya diabetes bagi sebagian orang.

Pada saat angka covid-19 yang masih tinggi, seperti saat ini, virus corona pada covid-19 dapat menyerang siapa saja dan mengakibatkan gejala dan tingkat risiko yang berbeda beda. Melansir dari laman kompas.com, mantan kepala BNPB Dony Monardo meminta anggota keluarga yang memiliki komorbid untuk dipisahkan dari anggota keluarga yang berusia muda.

Pasalanya anggota keluarga berusia muda berpotensi menjadi pembawa virus, sehingga membahayakan anggota keluarga dengan komorbid. Penderita diabetes memiliki tingkat keterparahan yang tinggi, apabila terpapar covid-19.

Baca Juga: Amankah Vaksin Covid-19 bagi Penderita Diabetes dan D-dimer? Ini Penjelasannya

Hal terjadi akibat fluktuasi kadar glukosa dalam darah dan risiko adanya komplikasi diabetes. Di tambah lagi, bagi penderita diabetes dapat mengalami gejala parah akibat terpapar covid-19, karena sistem kekebalan tubuh yang sudah rusak. Hal in berdampak pada pemulihan berjalan lama, karena sistem kekebalan tubuh yang sulit melawan virus.

Namun perlu ketahui, selain penderita diabestes, terdapat kelompok penyakit penyerta lain yang dapat memperburuk kondisi tubuh, apabila terpapar covid-19. Di antaranya adalah penyakit auto imun seperti lupus, penyakit ginjal, penyakit jantung koroner, hipertensi, tuberkolosis, penyakit paru, penyakit kronis lain, tumot dan kanker dan penyakit lain terkait geriatri. 

Lalu, bagaimana penderita diabetes dapat selamat apabila terpapar covid-19 dan bagaimana penderita diabetes dapat menghindari dari terpapar covid-19? Temukan jawabannya hanya di Ayo Sehat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x