Kompas TV travel jelajah indonesia

Soal Keamanan, Bandara Soekarno-Hatta Berada di Peringkat ke-14 Dunia

Kompas.tv - 3 September 2021, 11:52 WIB
soal-keamanan-bandara-soekarno-hatta-berada-di-peringkat-ke-14-dunia
ILUSTRASI - Bandara Soekarno Hatta. (Sumber: soekarnohatta-airport.co.id)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) Tangerang, Banten, masuk dalam daftar bandara paling aman di dunia menurut lembaga global Safe Travel Barometer.

Dilansir dari laman resminya, Bandara Soekarno-Hatta mendapat nilai Safe Travel Score sebesar 4,3 dari yang tertinggi 5,0.

Angka itu membuatnya sebagai bandara paling aman se-Asia Tenggara. Nilainya setara dengan yang diraih Bandara Changi Singapura.

Di wilayah Asia Pasifik, Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Changi Singapura berada di posisi kedua. Sedangkan di tingkat dunia, Bandara Soekarno-Hatta meraih peringkat ke-14.

Baca Juga: Menhub Cek Kelaikan Pesawat di Bandara Soekarno Hatta 

Penilaian yang dilakukan pada Mei 2021 tersebut mencakup sejumlah inisiatif yang masuk penilaian.

Di antaranya, pendaftaran bagasi yang minim kontak, kios check-in yang minim kontak, penyediaan masker, fasilitas tes Covid-19, dan kewajiban memakai masker bagi karyawan.

Ihwal penilaian dunia tersebut, President Director PT Angkasa Pura II atau AP II (Persero), Muhammad Awaluddin mengatakan semua terjadi karena kolaborasi semua stakeholder.

Pencapaian tersebut, kata dia, berkat adanya inovasi dan kolaborasi di antara semua stakeholder.

"Sebagai pengelola bandara, AP II berterima kasih atas kerja keras seluruh stakeholder Bandara Soekarno-Hatta dan dukungan kuat dari pemerintah," ujar Awaluddin dikutip dari ANTARA pada Jumat (3/9/2021).  

Sebelumnya, pada tahun 2020, Bandara Soekarno-Hatta juga menjadi salah satu bandara dengan nilai tertinggi di dunia dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Skor yang diraih Bandara Soekarno-Hatta saat itu adalah 4,09.

Penilaian Safe Travel Score dilakukan berdasarkan audit independen terhadap 34 inisiatif mencakup protokol kesehatan Covid-19, kenyamanan pelaku perjalanan dan keunggulan layanan baik di sisi udara (airside) maupun di sisi darat (landside).

Baca Juga: Jadi Syarat untuk Naik Pesawat, Segini Biaya Rapid Test Antigen dan PCR di Bandara Soekarno Hatta



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x