Kompas TV video cerita indonesia

Menhub Cek Kelaikan Pesawat di Bandara Soekarno Hatta

Kompas.tv - 17 Januari 2021, 15:08 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pasca kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Ramp check hari ini dilakukan pada pesawat Batik Air nomor registrasi PK–LBH.

"Hari ini kita melaksanakan ramp check, suatu proses di mana semua pesawat yang akan berjalan dilakukan pengecekan terhadap fungsi mesin, fungsi pergerakan dan lain sebagainya," kata Budi Karya dalam keterangan tertulis, Minggu (17/1/2021).

Budi mengatakan pelaksanaan ramp check akan dilakukan secara terjadwal maupun tidak terjadwal atau sewaktu-waktu.

Menhub memastikan bahwa seluruh pesawat yang akan take off di semua bandara di Indonesia telah dinyatakan layak terbang.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto menjelaskan dalam kegiatan ramp check ini dilakukan pengecekan pada seluruh aspek baik badan pesawat maupun dokumen terkait pesawat.

"Kita tadi langsung on site mengecek pesawat Batik Air, kita cek log booknya, kita cek fisiknya, kita cek pilotnya, kita cek personelnya, kemudian catatan-catatan apa yang ada di history di dalam pesawat. Ini semua dipastikan untuk menjamin keselamatan, bahwa semuanya berjalan dengan sebagaimana mestinya," ujar dia.

Baca Juga: Menhub Apresiasi Soliditas Tim SAR Gabungan Temukan Pesawat Sriwijaya Air Jatuh di Laut



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x