Kompas TV nasional update corona

Jadi Syarat untuk Naik Pesawat, Segini Biaya Rapid Test Antigen dan PCR di Bandara Soekarno Hatta

Kompas.tv - 17 Desember 2020, 15:08 WIB
jadi-syarat-untuk-naik-pesawat-segini-biaya-rapid-test-antigen-dan-pcr-di-bandara-soekarno-hatta
Mereka yang menggunakan jalur tersebut akan diangkut dari bandara ke fasilitas khusus tempat mereka akan tinggal dan bekerja di Singapura (Sumber: Straits Times)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Pemerintah melalui Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan adanya syarat baru bagi masyarakat yang hendak bepergian ke luar kota.

Jika ingin bepergian ke luar kota menggunakan moda transportasi kereta api jarak jauh atau pesawat, maka para penumpangnya kini diwajibkan menyertakan hasil rapid test antigen.

Baca Juga: Anies Negatif saat Swab Antigen tapi Positif Corona saat PCR? Ini Alasannya

Luhut mengatakan, alasan penumpang perlu melakukan rapid tes antigen karena tes tersebut memiliki sensitivitas yang lebih baik dibandingkan rapid test antibodi biasa.

Karena hasilnya lebih baik, biaya rapid test antigen cenderung lebih tinggi daripada rapid test antibodi. Sampai saat ini, pemerintah pun belum menetapkan tarif batas atas untuk tes tersebut.

Beberapa rumah sakit mematok harga berbeda-beda untuk melakukan rapid tes antigen. Setidaknya, harganya ada di kisaran Rp 200 ribu sampai Rp 600 ribu.

Lalu, jika di bandara, berapa harga untuk melakukan rapid test antigen?

PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menyatakan seluruh bandara yang dikelolanya mewajibkan para calon penumpang pesawat melakukan tes Covid-19. Hal ini telah menjadi syarat wajib.

Baca Juga: Syarat Baru Naik Kereta Api dan Pesawat Jika Hendak ke Luar Kota, Wajib Swab Antigen

Adapun tes Covid-19 yang diwajibkan pihak AP II bisa mulai dari PCR test hingga rapid test antigen. Seluruh jenis tes Covid-19 tersebut pun disediakan di Airport Health Center yang ada di bandara-bandara yang dikelola AP II.

Untuk di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), fasilitas Airport Health Center bisa ditemui di SMMILE Center Terminal 3.

President Director AP II, Muhammad Awaluddin, mengungkapkan biaya rapid test antigen di Bandara Soekarno-Hatta dipatok sebesar Rp 385 ribu.

Adapun hasil rapid test tersebut baru bisa diketahui setelah 15 menit kemudian.

Sedangkan PCR test di Airport Health Center SMMILE Center Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dihargai senilai Rp 1,385 juta.

Baca Juga: Masuk Bali Naik Pesawat Sekarang Wajib Test PCR, Jalur Darat Minimal Rapid Test Antigen



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x