Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Bantuan Subsidi Upah Sudah Bisa Ditransfer ke Rekening 2,1 Juta Pekerja

Kompas.tv - 30 Agustus 2021, 10:21 WIB
bantuan-subsidi-upah-sudah-bisa-ditransfer-ke-rekening-2-1-juta-pekerja
Ilustrasi uang bantuan subsidi upah (BSU) (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Hingga Sabtu (28/8/2021), pemerintah sudah menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada sekitar 2,1 juta penerima. Hal ini sebagai langkah pemerintah untuk terus mengebut penyaluran BSU tahun 2021.

"Ini yang sudah bisa ditransfer adalah mereka yang punya rekening dari Bank Himbara (Bank Milik Negara). Berikutnya akan dibukakan untuk teman-teman pekerja yang belum memiliki rekening Himbara," ujar Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Minggu (29/8/2021).

Diketahui, pemerintah menargetkan penyaluran BSU kepada 8,8 juta penerima, yakni pekerja terdampak Covid-19 yang berada di daerah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan 4 pada bulan Juli lalu. Setiap pekerja akan menerima BSU sebesar Rp 1 juta untuk dua bulan.

Penyaluran BSU ini, selain terkendala pekerja yang belum memiliki rekening bank Himbara, kendala lainnyai adalah proses verifikasi data yang membutuhkan waktu lebih panjang.

Baca Juga: Kabar Terbaru Subsidi Upah, BPJS Telah Serahkan Data Tahap II Penerima BSU ke Kemnaker

Hal ini karena data calon penerima BSU tahun ini perlu disinkronkan dengan data penerima bantuan sosial (bansos) lainnya seperti Program Keluarga Hara[an (PKH), Kartu Prakerja, dan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Hal ini untuk menghindari duplikasi data penerima bantuan pemerintah. "Jadi memang bantuan pemerintah biar bisa lebih luas menyasar kelompok masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19," terang dia.

 Asal tahu saja, pemerintah sudah menyalurkan BSU sebanyak dua tahap. Tahap pertama dari 1 juta data yang diverifikasi, penerimanya hanya 947.669 orang. Pada tahap kedua targetnya mencapai 1,25 juta penerima.

Baca Juga: Nasabah BNI, Mandiri, BTN, BRI, Swasta Dapat Transferan BSU BPJS, Cek Bantuan Rp1 Juta di Sini

 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x