Kompas TV nasional sosial

2,79 Juta Perempuan Jawa Timur Menjanda Saat Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 26 Agustus 2021, 12:11 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPAS.TV – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Jawa Timur mencatat, ada 2,79 juta janda di Jawa Timur saat Pandemi Covid-19.

Mereka menjanda karena kehilangan suami akibat Covid-19 serta bercerai dari suami.

Angka tersebut setara dengan 20% dari total keluarga di Provinsi Jawa Timur.

“Ternyata penduduk di Jawa Timur, ada sebanyak 2,79 juta keluarga yang perempuan sebagai kepala keluarga. Jumlah ini adalah 20% dari total keluarga di Jawa Timur, sebanyak 13,82 juta keluarga”, ungkap Ardiyanto, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Jawa Timur  saat diwawancara Kompas TV (26/8).

Baca Juga: Kakek Nenek Positif Covid-19 Dipindah ke Tempat Isolasi Terpusat

Para janda tersebut terpaksa menjadi single parent atau orang tua tunggal bagi anak-anak mereka. Ardiyanto menyebut, kondisi ini dapat memicu stres yang tinggi bagi mereka, terutama dalam masalah ekonomi. 

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Jawa Timur mengaku, telah memberikan pelatihan-pelatihan demi mendukung ekonomi keluarga.

“BP3AK banyak Provinsi Jawa Timur banyak sekali memberikan pelatihan-pelatihan kewirausahaan. Kita juga membina industri rumahan, dimana kepala industri tersebut adalah kaum perempuan”, tuturnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x