Kompas TV regional berita daerah

Daftar Wilayah di Indonesia Alami Fenomena Hari Tanpa Hujan Terpanjang

Kompas.tv - 25 Agustus 2021, 14:27 WIB
daftar-wilayah-di-indonesia-alami-fenomena-hari-tanpa-hujan-terpanjang
Ilustrasi peringatan potensi cuaca ekstrem hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di 27 provinsi yang diprediksi terjadi sepekan ke depan. (Sumber: kompas.com/kulkann)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat sejumlah wilayah di Indonesia mengalami Hari Tanpa Hujan (HTH) berturut-turut dengan kategori sangat panjang yakni 31- 60 hari tanpa hujan.

"Daerah yang mengalami HTH sangat panjang berada di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Bali, NTB, dan NTT," dikutip dari keterangan resmi BMKG, Rabu (25/8/2021).

Berdasarkan pemantauan BMKG, beberapa wilayah di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB) mengalami kategori ekstrem panjang yakni lebih dari 60 hari tanpa hujan. 

"NTB dan NTT mengalami HTH dengan kategori sangat panjang dan ekstrem panjang," tulis BMKG.

Baca Juga: 9 Wilayah Ini Alami Kekeringan Ekstrem, BMKG Imbau untuk Berhemat Air

Terkait dengan HTH sagat panjang dan ekstrem panjang ini, BMKG membagi menjadi beberapa kategori yakni awas, siaga, dan waspada.

Kategori ini mengacu pada pantauan kejadian hari kering berturut-turut dan juga prediksi peluang hujan dengan curah kurang dari 20 milimeter per 10 hari atau masuk kategori rendah.

"Dampak kekeringan meteorologis biasanya diikuti antara lain, berkurangnya persediaan air untuk rumah tangga dan pertanian serta meningkatnya potensi kebakaran semak, hutan, lahan dan perumahan. Sehubungan dengan hal tersebut, kiranya informasi ini bisa dijadikan kewaspadaan dan pertimbangan untuk melakukan langkah mitigasi dampak ikutan dari kekeringan meteorologis," tulis BMKG.

Baca Juga: Pemprov NTT Gratiskan Tes PCR Bagi Warga Kurang Mampu

Berikut data kategorinya:

1. Kategori Awas:
- NTB: Kabulaten Bima, Kabupaten umbawa
- NTT: Kabupaten Alor, Kabupaten Belu, Kabupaten Flores Timur, Kotamadya Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Manggarai Timur, Kabupaten Sikka, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Timortengah Selatan, Kabupaten Timortengah Timur.

2. Kategori Siaga:
- Jawa Timur: Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Situbondo
- Bali: Kabupaten Buleleng, Kabupaten Karangasem
- NTB: Kabupaten Lombok Timur
- NTT: Kabupaten Ende, Kabupaten Ngada, Kabupaten Sumba Barat.

3. Kategori Waspada: Nihil

BMKG mengatakan, saat ini 85 persen wilayah Indonesia sudah memasuki musim kemarau tahun 2021, namun, masih ada sejumlah wilayah yang justru mengalami musim hujan. 

Wilayah yang memasuki musim hujan yakni sebagian Sumatra bagian tengah, Kalimantan, Sulawesi, Maluku Utara, Pulau Seram, Papua Barat bagian timur, dan Papua bagian utara.

Baca Juga: Puluhan Hektar Sawah di Pekalongan Alami Kekeringan

 

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x