Kompas TV regional berita daerah

Puluhan Hektar Sawah di Pekalongan Alami Kekeringan

Kompas.tv - 19 Agustus 2021, 11:18 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Musim kemarau mulai berdampak bagi para petani padi di Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Puluhan hektar sawah di Kelurahan Kuripan Yosorejo, Pekalongan Timur, mulai kekurangan air. Hal ini diperparah dengan saluran irigasi yang tidak berfungsi dengan baik.

 

Kondisi yang telah berlangsung selama empat musim ini dikeluhkan oleh para petani yang tergabung dalam kelompok tani rejo tani. Akibat kondisi ini panen padi puluhan hektar sawah mereka tidak sesuai dengan harapan.

 

Wakil Wali Kota Pekalongan Salahudin, yang langsung meninjau lokasi berjanji akan segera mengkoordinasikan masalah ini dengan dinas-dinas terkait. Jika memang masalahnya di teknis irigasi akan segera ditangani. Namun jika memang masalahnya di debit air yang memang sudah tidak mencukupi, petani diminta menanam tanaman lain yang kebutuhan airnya tidak sebanyak jika menanam padi.

 

Diharapkan dengan menanam tanaman atau hortikultura lain selain padi, penghasilan petani bisa semakin meningkat daripada sebelumnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x