Kompas TV regional update corona

Selama PPKM, BOR di Wonogori Turun Drastis setelah Edukasi 5M Ditingkatkan

Kompas.tv - 1 Agustus 2021, 19:13 WIB
selama-ppkm-bor-di-wonogori-turun-drastis-setelah-edukasi-5m-ditingkatkan
Ilustrasi penanganan pasien Covid-19. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

WONOGIRI, KOMPAS.TV - Tingkat keterisian tempat tidur pasien atau bed occupancy rate (BOR) di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah terpantau turun drastis selama masa penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo mengungkapkan bahwa keterlibatan pemerintah dalam mengedukasi masyarakat menjadi salah satu faktor dalam menurunkan angka BOR di daerahnya.

"Ada ruang yang cukup strategis untuk pemerintah memberikan ruang satu edukasi kepada publik," kata Joko dalam keterangan resminya, Minggu (1/8/2021).

"Kondisi itu berdampak pada penurunan BOR semasa pemberlakuan PPKM, baik darurat maupun level empat," lanjut Jekek, sapaan akrabnya.

Baca Juga: Kabar Baik BOR Jabar Turun, Ridwan Kamil Usul Pengetatan Skala Mikro

Jekek menjelaskan, sebelum diterapkannya PPKM, BOR rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Wonogiri acap kali hampir penuh.

Namun, kondisi itu segera berangsur membaik sejak PPKM dimulai, di mana BOR di Wonogiri kini telah turun menjadi 67 persen atau yang terisi sebanyak 267 dari 393 tempat isolasi yang disediakan.

Ia menambakan, dalam mengoptimalkan pelaksanaan PPKM Level 4, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri memasifkan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat.

Adapun protokol kesehatan tersebut meliputi memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas (5M).

Baca Juga: BOR RS Madani Kota Palu Penuh, Pasien Baru Covid-19 Dirawat di Tenda Darurat



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x