Kompas TV klik360 sinau

Benarkah Mandi Malam Bahaya Bagi Kesehatan? Ini Faktanya

Senin, 26 Juli 2021 | 19:32 WIB

KOMPAS.TV - Mandi merupakan rutinitas harian untuk membersihkan diri sebelum atau sesudah beraktivitas.

Umumnya, orang Indonesia menganut kebiasaan mandi dua kali dalam satu hari, yaitu pagi hari dan malam hari.

Faktor padatnya aktivitas dan rutinitas tak jarang menyebabkan seseorang mempunyai kebiasaan mandi di malam hari.

Namun, masih banyak anggapan bahwa mandi malam hari tidak baik untuk kesehatan tubuh. Benarkah mandi di malam hari berbahaya bagi tubuh?

Berikut beberapa mitos mandi malam bagi kesehatan beserta faktanya:

1. Mandi malam bikin rematik

Faktanya, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa sering mandi malam hari bisa menyebabkan rematik.

Mandi malam hanya membuat rematik kumat, namun bukan menjadi penyebabnya. Hal itu bisa terjadi karena mandi malam dengan air dingin bisa memicu terjadinya perubahan tekanan udara sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Sebaliknya, rutin mandi malam dengan air hangat disebut bisa membantu meringankan gejala rematik.

2. Mandi malam sebabkan paru-paru basah

Faktanya, paru-paru basah disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri yang berasal dari udara.

Secara medis, paru-paru basah berarti ada cairan dalam paru-paru, tapi bukan berarti disebabkan mandi pada malam hari.

Sebaliknya, mandi malam bagi pengidap pneumonia bisa membantu melancarkan jalan napas, sehingga tidur jadi lebih nyenyak.

3. Mandi malam sebabkan masuk angin

Ketika mandi pada malam hari dengan menggunakan air dingin, tubuh secara alamiah akan meningkatkan suhunya agar sesuai dengan suhu lingkungan, sehingga akan merasa seperti demam.

Tubuh akan merasa kedinginan dan menggigil, namun efek ini akan berkurang dan menghilang dengan sendirinya beberapa waktu kemudian.

4. Mandi malam sebabkan kulit kering

Faktanya, kulit yang terlalu lama berinteraksi dengan air bisa menjadi kering dan mudah terkena iritasi.

Mandi malam hari cukup dilakukan selama 5-10 menit, dan disarankan menggunakan air hangat.(*)

Grafis: Agus Eko

Penulis : Gempita Surya

Sumber : diolah dari berbagai sumber




BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Nobar Sosialisasi Covid-19

Senin, 26 Juli 2021 | 19:16 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
19:36
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19