Kompas TV entertainment musik

Biar Nggak Ngos-ngosan saat Nyanyi, Achmad Albar Siasati dengan Turunkan Kunci Nada

Kompas.tv - 24 Juli 2021, 13:46 WIB
biar-nggak-ngos-ngosan-saat-nyanyi-achmad-albar-siasati-dengan-turunkan-kunci-nada
God Bless (Achmad Albar dan Ian Antono) (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Achmad Albar, alias Iyek mengaku pada beberapa lagu sudah mulai menurunkan kunci nada yang telah disesuaikan dengan harmoni musik, agar tetap terdengar bagus.

"Dari kuncinya, ada yang diturunin beberapa. Kemungkinan ada dua atau tiga lagu yang kita turunkan. Ya kita sesuaikan dengan kekuatan kita," kata Iyek, mengutip Tribunnews.

Pria berusia 75 tahun ini mengatakan, memiliki kepuasaan tersendiri saat bisa membawakan nada tinggi ketika tampil di atas panggung.

Baca Juga: Achmad Albar Akui Antarpersonel God Bless Kerap Berdebat dalam Bermusik

Namun tidak bisa memaksakan jika sudah tidak sanggup mencapai nada tersebut.

"Itu suatu kepuasan tersendiri. Kita nggak bisa stop selama kita masih kuat, masih siap, dan saya jalanin itu. Itu juga saya rasa nggak bisa saya paksakan," ujarnya.

"Kalau kunci tetap ya nadanya masih tetap tinggi, kecuali kuncinya diturunin. Tapi itu cuma dua atau tiga lagu yang kita turunkan. Kita sesuaikan, jadi kita nggak terlalu memaksakan," sambung dia.

Tidak hanya dalam soal suara, dalam penampilan di atas panggung, gaya nge-rock God Bless juga mulai disesuaikan umur mereka yang rata-rata sudah mencapai di atas 60 tahun.

"Udah-udah (ditinggalkan). Udah bukan waktunya lagi. Yang pasti nggak seperti dulu saat saya umur 30 tahun (atau) 40 tahun. Artinya kita harus sesuaikan," tandas Iyek.

Baca Juga: Akankah God Bless Ada Regenerasi? Ini Kata Achmad Albar



Sumber : Kompas TV / Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x