Kompas TV regional berita daerah

Warga Berjibaku Selamatkan Tapir dari Dalam Lubang

Kompas.tv - 16 Juli 2021, 17:19 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV – Seekor tapir terjebak di bekas sumur di kebun Pekon Gisting Bawah, Kecamatan Gisting. Membuat warga sekitar saling berjibaku menyelamatkanya.

Peristiwa ini terjadi pada kamis (15/7), dimana saat itu sekitar pukul 12.00 WIB salah  seorang warga tengah mencari rumput di kebun, lalu menukan hewan yang terjebak dalam lubang.

Mulanya warga menyangka hewan tersebut adalah babi hutan, namun setelah dilihat kembali ternyata seekor Tapir yang diperkirakan berukuran 2,3 kwintal.

Baca Juga: Suasana PPKM Darurat Hari Ketiga di Bandar Lampung

Warga inipun langsung melaporkan temuanya ke warga lainya dan aparat desa setempat.

Dengan saling berjibaku, warga bersama, anggota tim pemadam kebakaran, satuan polres dan kodim tanggamus, beserta polisi mencoba mengeluarkan tapir dari dalam lubang.

Upaya penyelamatan sendiri dilakukan dengan cara membuat galian tanah agar memberikan jalan tapir keluar.

Namun sayang, Saat tapir sudah berhasil keluar dari sumur dan sudah masuk ke kandang transit, tapir tersebut justru memberontak hingga akhirnya terlepas dan melarikan diri.

Menurut Ilham, selaku petugas Fungsional di Seksi Konservasi BKSDA Lampung mengatakan lepasnya tapir tidak akan membahayakan masyarakat. Sebab tapir bukan hewan buas hanya satwa liar. Kemudian jika sudah lepas juga akan lari ke hutan bukan ke permukiman masyarakat.

"Kami yakin tapir itu akan mencari hutan, tidak mungkin lari ke pemukiman masyarakat," ujar Ilham.

Ia mengaku, setelah bisa lolos, terlihat kondisi tapir sehat karena bisa lari. Dan dipastikan tidak ada luka parah akibat jatuh ke lubang bekas sumur.

Baca Juga: Wakil Bupati Lampung Tengah Diperiksa Polisi Terkait Dugaan Pelanggaran Prokes

Dalam proses evakuasi tapir ini memang diputuskan tidak menggunakan obat bius. Sebab hasil konsultasi dengan BKSDA Bengkulu, hewan itu rawan mati karena obat bius.

Warga diimbau untuk tidak memburu atau menyakiti tapir tersebut, dan bila melihat keberadaanya diharapkan bisa melaporkan keaparat setempat.

#evakuasitapir #tapirmasuklubangbekassumur #wargaberjibakuselamatkanpir



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x