Kompas TV nasional kesehatan

3 Juta Dosis Vaksin Moderna dari AS Tiba di Indonesia

Kompas.tv - 11 Juli 2021, 17:01 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia kembali menerima kedatangan vaksin Covid-19, Minggu (11/7/2021). Kali ini, vaksin yang datang adalah vaksin Moderna dari Amerika Serikat.

Tiga juta dosis vaksin Moderna tiba melalui Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, dan diterima Menteri Luar Negeri Retno Marsudi secara virtual.

"Alhamdulillah, pada hari ini, Indonesia telah menerima 3.000.060 dosis vaksin Moderna, dukungan kerja sama internasional dari Pemerintah Amerika Serikat melalui jalur multilateral Covax Facilities," ujar Retno.

Ini merupakan pengiriman tahap pertama dari Amerika Serikat untuk Indonesia. Sesuai komunikasi Indonesia dengan Amerika Serikat, kata Retno, Amerika berkomitmen berbagi dosis vaksin kepada Indonesia sebanyak 4.500.160 dosis.

Di Indonesia, vaksin Moderna telah mendapat izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari BPOM pada 2 Juli 2021.

Penerbitan EUA ini berdasarkan hasil uji klinis fase ketiga dan pengkajian Komite Nasional Penilai Vaksin Covid-19, ITAGI, dan BPOM.

Video editor: Vila

Baca Juga: Kimia Farma Layani Vaksin Mandiri Berbayar Mulai 12 Juli 2021



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x