Kompas TV nasional berita utama

Jokowi Minta Kepala Daerah Turun Langsung Mengecek Penanganan Covid-19

Kompas.tv - 8 Juli 2021, 06:52 WIB
jokowi-minta-kepala-daerah-turun-langsung-mengecek-penanganan-covid-19
Presiden Jokowi Melakukan Peninjauan Vaksinasi Covid-19 di Stadion Pakansari Bogor, 17 Juni 2021 (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh kepala daerah, baik di Jawa-Bali maupun di luar Pulau Jawa untuk turun langsung memantau penanganan pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat melakukan 'blusukan malam' di Rusun Pasar Rumput, Jakarta, bersama Menteri PUPR dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Rabu (7/7/2021) malam.

"Saya juga minta kepada seluruh gubernur, bupati dan wali kota baik yang berada di pulau Jawa dan Bali maupun di luar Jawa semuanya untuk terus turun ke bawah," tegas Jokowi.

Jokowi meminta jajaran kepala daerah mengontrol berbagai macam kesiapan, baik itu obat-obatan maupun yang berkaitan dengan alat-alat kesehatan yang dibutuhkan para pasien.

"Baik tabung oksigen dan juga tempat-tempat isolasi yang selalu dan harus dipersiapkan," tegasnya.

Baca Juga: Disiapkan Jadi RS Darurat Covid-19, Jokowi Tinjau Kesiapan Asrama Haji Pondok Gede

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi melakukan pengecekan kesiapan Rusun Pasar Rumput. Lokasi tersebut akan dipergunakan pemerintah sebagai tempat isolasi bagi pasien Covid-19 yang bergejala ringan dan orang tanpa gejala (OTG).

"Saya sengaja dengan menteri PUPR dan juga kepala BNPB datang langsung untuk mengecek kesiapan rusun Pasar Rumput dalam rangka kegunaanya untuk isolasi pasien-pasien Covid-19 yang bergejala ringan dan OTG," kata Jokowi.

Lebih lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan bahwa sebanyak 2.060 tempat tidur di tower satu Rusun Pasar Rumput siap digunakan.

"Kemudian yang tower 2 dan tower 3, sebanyak 5.950 akan siap dalam 2-3 hari ini," tambahnya. 

Jokowi berharap persiapan-persiapan sebagai antisipasi lonjakan kasus Covid-19, "ini kalau memang terjadi lonjakan kita sudah ada kesiapan," pungkasnya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Jakarta Melonjak, Rusun Pasar Rumput Manggarai Disiapkan




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x