Kompas TV regional berita daerah

Cerita Joko Taruno, Warga Bantul yang Sediakan Ratusan Paket Nasi Makan Siang bagi Warga yang Isoman

Kompas.tv - 7 Juli 2021, 06:25 WIB
cerita-joko-taruno-warga-bantul-yang-sediakan-ratusan-paket-nasi-makan-siang-bagi-warga-yang-isoman
Sejumlah ibu-ibu di Kroyokan Sedekah tengah membungkusi nasi untuk dibagikan secara gratis kepada warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) (Sumber: Dok.Kroyokan Sedekah)
Penulis : Gading Persada

BANTUL, KOMPAS.TV- Aksi solidaritas antarwarga untuk membantu mereka yang menjadi korban keganasan Covid-19 terus terjadi di masyarakat.

Tak hanya para artis, beberapa warga juga melakukan aksi serupa. 

Seperti yang dilakukan oleh Joko Taruno. Warga Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) lainnya berani menyediakan ratusan paket nasi bagi mereka yang tengah melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah. Hal ini dilakukannya setiap hari. 

Baca Juga: Omesh Donasikan Mobil Pribadinya untuk Dijadikan Ambulans Darurat, Begini Ceritanya

"Aksi ini sudah kami lakukan sejak dimulainya PPKM Darurat mulai 3 Juli lalu dan semuanya gratis," kata Joko pada Kompas TV, Selasa (6/7/2021). 

Joko tidak sendirian ternyata. Ia turut dibantu sekitar 20 relawan lainnya yang tergabung dalam Kroyokan Sedekah ini setiap harinya menyiapkan sekitar 200 paket nasi untuk makan siang setiap harinya bagi warga yang menjalani isoman.

Setiap satu paketnya, kata Joko, berisi nasi lengkap dengan lauk pauknya ditambah dengan selingan susu atau jus atau juga buah-buahan. 

Joko mengaku saat ini baru sebatas hanya mampu menyediakan makan siang semata itu pun dia mengaku sudah kewalahan mengingat minimnya jumlah relawan yang berpartisipasi. 

"Kendala kami saat ini adalah pada orang yang mengantarkan paket nasi ke tujuan. Jumlah pengantarnya minim, sementara jumlah permintaan cukup banyak dan juga daerah tujuan beberapa diantaranya cukup jauh dari tempat kami," jelas Joko yang memfungsikan rumahnya di kawasan kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta itu sebagai dapur umum. 

Baca Juga: Warung Makan Gratis Untuk Warga Isoman

Lantas bagaimana awal mula kegiatan sosial ini dilakukan Joko bersama rekan-rekannya di Kroyokan Sedekah?

Sejatinya, aksi menyediakan nasi gratis ini bukanlah hal yang baru.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x