Kompas TV nasional politik

Survei: Elektabilitas Prabowo Kalah Sama Ganjar tapi Menang dari Anies

Kompas.tv - 3 Juli 2021, 19:35 WIB
survei-elektabilitas-prabowo-kalah-sama-ganjar-tapi-menang-dari-anies
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOM, Dokumentasi @DKIJakarta/INSTAGRAM, Pemprov Jateng)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Lembaga survei Voxpol Center baru-baru ini melakukan survei terhadap elektabilitas tokoh nasional.

Ada beberapa nama yang dilempar ke 1.200 responden, mulai dari Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo sampai ke Agus Harimurti Yudhoyono.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menjelaskan hasil survei yang dilakukan pada 22 Juni hingga 1 Juli 2021 menyatakan elektabilitas Prabowo Subianto berada pada angka 18,9 persen.

Baca Juga: Survei Voxpol Center: 73,7% Pemilih Tolak Wacana Jokowi Presiden 3 Periode

Prabowo berada di posisi kedua di bawah Ganjar Pranowo yang memperoleh angka 19,2 persen.

Pada posisi ketiga ada nama Anies Baswedan dengan memperoleh 14,1 persen, Sandiaga Uno 8,3 persen, Ridwan Kamil 5,8 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 5,4 persen, sisanya nama-nama lain yang angka elektabilitasnya berada di bawah 5 persen.

Menurut Pangi hasil survei ini menunjukkan menjelaskan lapangan politik dari segi elektabilitas masih terlihat datar.

Belum ada kandidat calon presiden dengan elektabilitas yang cukup meyakinkan setelah petahana tidak bisa lagi mencalonkan diri.

Baca Juga: Survei SMRC: Responden yang Tak Puas Kinerja Jokowi Dukung Prabowo dan Anies Jadi Calon Presiden

“Prabowo Subianto yang sudah berkali-kali maju sebagai calon presiden, dalam model pertanyaan tertutup elektabilitasnya hanya berada pada angka 18,9 persen,” ujar Pangi dalam rilis hasil survei Voxpol Center, Sabtu (3/7/2021).

Lebih lanjut Pangi menjelaskan elektabilitas Prabowo Subianto hanya menang di 2 klaster pertanyaan yakni ketua umum partai dan menteri di Kabinet Indonesia Maju yang layak menjadi calon presiden pada Pilpres 2024.

Prabowo Subianto, sambung Pangi, berada pada peringkat tertinggi dengan elektabilitas 33,7 persen disusul oleh Agus Harimurti Yudhoyono 12,5 persen, Megawati Soekarno Putri 8,9 persen, dan Airlangga Hartarto 4,7 persen.

Baca Juga: Survei Capres Pilpres 2024: Elektabilitas Prabowo Stagnan, Ganjar Naik Signifikan

Untuk klaster menteri, Prabowo  muncul  diperingkat pertama  dengan 23,4 persen, Sandiaga Salahuddin Uno 16 persen, Tri Rismaharini 7,4 persen dan Erick Tohir 4,7 persen.

“Untuk klaster Kepala daerah, Anies Baswedan berada pada peringkat pertama dengan 29,1 persen disusul Ganjar Pranowo 28,2 persen dan Ridwan Kamil 14,4 persen,” ujar Pangi.

Adapun pengambilan sampel dalam survei ini menggunakan metode stratified random sampling. Survei dilakukan selama 10 hari dari 22 Juni hingga 1 Juli 2021 dengan menggunakan metode wawancara melalui telepon.

Jumlah sampel dalam survei adalah 1.200 dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Relawan Ganjarist Mulai Lebarkan Sayap dengan Deklarasi di 14 Daerah

Survei ini menjangkau 34 provinsi dengan memperhatikan proporsionalitas antara jumlah sampel dengan jumlah pemilih di setiap provinsi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x