Kompas TV internasional kompas dunia

Jepang Kirim Bantuan 1 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca ke Indonesia

Kompas.tv - 1 Juli 2021, 15:57 WIB
jepang-kirim-bantuan-1-juta-dosis-vaksin-astrazeneca-ke-indonesia
Wakil Kepala Perwakilan RI di Tokyo, Tri Purnajaya (kanan) selaku Ketua Satgas Diplomasi Vaksin KBRI Tokyo & Direktur Second Southeast Division Kemlu Jepang, Hajime Ueda (kiri) saat melepas 13 kontainer yang memuat sekitar satu juta dosis Vaksin AstraZeneca bantuan Pemerintah Jepang untuk Indonesia di Bandara Narita, Jepang, Kamis (1/7/2021) (Sumber: KBRI Tokyo)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

TOKYO, KOMPAS.TV - Sekitar satu juta dosis vaksin AstraZeneca dikirimkan oleh Pemerintah Jepang sebagai bantuan untuk Indonesia, Kamis (1/7/2021).

Wakil Kepala Perwakilan RI di Tokyo, Tri Purnajaya bersama Direktur Second Southeast Division Kementerian Luar Negeri Jepang, Hajime Ueda secara simbolis melepas keberangkatan 13 kontainer yang mengangkut vaksin itu di Bandara Narita, Jepang.

Tri yang juga selaku Ketua Satgas Diplomasi Vaksin KBRI Tokyo menyampaikan apresiasi Indonesia terhadap bantuan yg diberikan oleh Pemerintah Jepang.

Ia pun menyebut pengiriman vaksin ini sebagai refleksi dari eratnya hubungan kedua negara, baik dalam konteks sahabat sekaligus mitra strategis maupun people-to-people.

Baca Juga: Indonesia Tanda Tangani Nota Kerja Sama Terkait Bantuan Vaksin dari Jepang

Sementara itu, Pemerintah Jepang berharap kerja sama berupa pengiriman vaksin ini dapat membantu Pemerintah Indonesia dalam menangani pandemi Covid-19.

Selain itu, Hajime Ueda menambahkan, harapan agar semakin kuatnya kerja sama antara kedua negara lewat bantuan vaksin ini.

Vaksin yang diberangkatkan menggunakan penerbangan Japan Airlines JL725 tersebut dijadwalkan akan tiba di Bandara Soekano-Hatta pada sore ini di hari yang sama.

Pemberangkatan satu juta dosis Vaksin AstraZeneca bantuan Pemerintah Jepang untuk Indonesia di Bandara Narita, Jepang pada Kamis (1/7/2021). (Sumber: KBRI Tokyo)

Baca Juga: Menlu Retno Lobi India dan Jepang Kerja Sama Obat Terapeutik Covid-19

Diketahi, pengiriman vaksin dari Jepang ini merupakan bagian dari Diplomasi Vaksin Indonesia untuk memperjuangkan jaminan akses kesehatan yang adil.

Terutama terhadap vaksin yang aman, efektif dan berkualitas di seluruh negara dan kawasan guna mewujudkan cakupan kesehatan semesta atau universal health coverage, yang dilakukan secara bilateral maupun melalui mekanisme multilateral seperti COVAX.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x