Kompas TV internasional kompas dunia

Indonesia Tanda Tangani Nota Kerja Sama Terkait Bantuan Vaksin dari Jepang

Kompas.tv - 29 Juni 2021, 23:11 WIB
indonesia-tanda-tangani-nota-kerja-sama-terkait-bantuan-vaksin-dari-jepang
Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi, memegang dokumen nota serah terima terkait bantuan vaksin COVID-19 dari Jepang untuk Indonesia. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia telah menandatangani sebuah nota terkait bantuan vaksin Covid-19 dari Jepang untuk Indonesia. Bantuan tersebut sebagai bentuk dukungan Jepang untuk upaya penanganan virus corona di Tanah Air.

Pertukaran nota terkait serah terima vaksin itu dilakukan oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi dengan Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika dari Kementerian Luar Negeri Indonesia Abdul Kadir Jailani.

“Jaminan akses yang adil terhadap vaksin yang aman, efektif, dan berkualitas di seluruh negara dan kawasan adalah hal yang penting guna mewujudkan cakupan kesehatan semesta (Universal Health Coverage),” kata Kenji Kanasugi melalui keteranan tertulisnya, Selasa (29/6/2021).

Bantuan vaksin dari Jepang tersebut menyusul adanya lonjakan kasus harian Covid-19 sejak awal Juni. Vaksin akan dibawa ke Indonesia pada 1 Juli dengan menggunakan pesawat.

Guna mendukung upaya vaksinasi Indonesia, Jepang akan terus memberikan berbagai bantuan melalui kerja sama. Baik dengan negara-negara terkait maupun organisasi internasional demi segera berakhirnya pandemi Covid-19.

Baca Juga: Juli 2021 Indonesia Bakal Kedatangan Vaksin Covid-19 dari Jepang, Menlu: Terima 2 Juta Dosis

Sementara itu, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan komunikasi intensif terkait isu vaksin dan obat-obatan Covid-19 termasuk dengan Menteri Luar Negeri Jepang, dilansir dari Antaranews.com.

Sebelumnya, Retno telah melakukan pertemuan dengan Menlu Jepang Toshimitsu Motegi pada Senin (28/6/2021) di sela-sela pertemuan Menlu G20 di Italia.

“Sebagai hasil dari komunikasi intensif tersebut dan juga kita ulang kembali dalam pertemuan dengan Menlu Jepang tadi maka Jepang akan menyumbangkan sekitar dua juta dosis vaksin jadi untuk Indonesia,” jelas Menlu.

Selain satu juta dosis pertama yang dijadwalkan tiba pada 1 Juli, satu juta dosis tambahan direncanakan akan tiba pada pertengahan Juli 2021.

“Dalam pertemuan, saya juga jajaki dengan Menlu Jepang mengenai kerja sama di bidang obat-obatan terapeutik. Menlu Jepang akan segera melihat kemungkinan kerja sama penyediaan obat-obatan terapeutik yang diperlukan Indonesia saat ini,” jelas Menlu.

Baca Juga: Menlu Retno Lobi India dan Jepang Kerja Sama Obat Terapeutik Covid-19



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x