Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Wakil Kadin Tekankan Investasi di Daerah Harus Ikut Dorong UMKM Naik Kelas

Rabu, 16 Juni 2021 | 17:53 WIB
wakil-kadin-tekankan-investasi-di-daerah-harus-ikut-dorong-umkm-naik-kelas
Arsjad Rasjid saat diwawancarai di Hotel Adimulia, Medan, Sumatera Utara. (Sumber: Dok. KompasTV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional Arsjad Rasjid mendorong agar investasi besar di Indonesia turut membawa kemajuan bagi para pelaku UMKM.

Menurut Arsjad, langkah ini penting diperhatikan untuk setiap investasi yang masuk di berbagai daerah di Indonesia.

Melalui implementasi perangkat aturan seperti Undang-Undang Cipta Kerja, Arsjad optimistis UMKM Indonesia akan semakin maju dan berkembang.

"Jika investor besar bermitra dengan pelaku UMKM di daerah, maka akan semakin membuka peluang dan mempercepat pertumbuhan ekonomi yang merata di seluruh wilayah Indonesia," ujar Arsjad Rasjid dalam siaran persnya, Rabu (16/6/2021).

Melalui sinergi ini pula, para investor besar bisa turut membangun innovation hub atau pelatihan-pelatihan vokasi dan kewirausahaan secara merata di berbagai daerah.

UMKM bisa belajar dari pelaku usaha besar untuk  menguatkan manajemen usahanya.

Baca Juga: Tak Kalah dengan Impor, Wakil Kadin Dukung Optimalisasi Aspal Buton

Tak hanya itu, mereka juga bisa belajar mengubah model usaha yang sebelumnya informal menjadi formal, dibantu mendapatkan akses perbankan, mengembangkan kualitas dan inovasi produk, juga mendorong masuk ke dalam ekosistem digital sehingga pemasarannya semakin luas, bahkan bisa masuk ke pasar global.

"Bersama pemerintah, Kadin siap bersinergi agar investasi yang masuk ke berbagai daerah bisa membantu memperkuat UMKM," lanjutnya.

Di era yang semakin maju, Arsjad juga mengingatkan agar UMKM bermigrasi ke teknologi digital. Arsjad bilang, penguatan digitalisasi yang dilakukan pemerintah secara merata di seluruh negeri, harus bisa dimanfaatkan untuk memperkuat potensi UMKM secara merata.

Penulis : Elva Rini

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


SINAU

Apa Fungsi Ekor pada Tubuh Hewan?

Senin, 20 September 2021 | 18:55 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
18:58
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19