Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Sambut Era Ekonomi Digital, Wakil Kadin Siapkan Program Vokasi untuk Wirausaha Muda

Rabu, 9 Juni 2021 | 14:42 WIB
sambut-era-ekonomi-digital-wakil-kadin-siapkan-program-vokasi-untuk-wirausaha-muda
Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional Arsjad Rasjid saat melihat kondisi langsung para pelaku UMKM di tengah pandemi. (Sumber: Dok. Kadin)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Memperkuat kompetensi dan keterampilan wirausaha, calon ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2021-2026 Arsjad Rasjid menegaskan komitmennya untuk mengembangkan pendidikan vokasi di Indonesia.

Menurut Arsjad, langkah ini sejalan dengan salah satu pilar yang diusungnya, yaitu meningkatkan kewirausahaan dan kompetensi melalui pendidikan vokasi.

"Pengembangan kewirausahaan bisa diwujudkan melalui pendidikan vokasi untuk menguatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) kita. Langkah ini penting dilakukan, terutama untuk wirausaha muda dan sosial dalam mengantisipasi Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0," terang Arsjad.

Baca Juga: Waketum Kadin Dorong Penguatan Ekosistem Ekonomi Syariah Berbasis Digital

Melalui pelatihan vokasi yang dikembangkan secara luas di berbagai kota, Arsjad berharap dapat mendorong minat masyarakat berwirausaha, sehingga mampu membuka lapangan kerja baru, menekan angka pengangguran, serta membantu memulihkan ekonomi nasional yang terdampak pandemi Covid-19.

"Melalui ragam pelatihan vokasi yang adaptif terhadap perkembangan zaman, berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, riset dan inovasi, saya optimistis akan melahirkan SDM produktif yang mampu menjawab dinamika serta tantangan ke depan," kata Arsjad yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional ini.

Ke depan, lanjut Arsjad, kolaborasi Kadin dengan pemerintah, akademisi, dan berbagai komunitas masyarakat juga akan ditingkatkan guna mengoptimalkan pelatihan vokasi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja dan dunia industri.

Penulis : Elva Rini





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:16
MAX VERSTAPPEN TAMPIL MENDOMINASI SEJAK AWAL HINGGA AKHIR BALAP DI SIRKUIT RED BULL RING, AUSTRIA   PEBALAP RED BULL RACING MAX VERSTAPPEN RAIH POSISI PERTAMA DI GP AUSTRIA DIIKUTI VALTTERI BOTTAS DAN LANDO NORRIS   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO INGIN TEMPE JADI WARISAN BUDAYA DUNIA YANG DIAKUI UNESCO   MENKOMINFO JOHNNY G PLATE: TERIMA KASIH ATAS PENGABDIAN HARMOKO DI SEKTOR KOMUNIKASI PUBLIK   MENKOMINFO JOHNNY G PLATE TURUT BERBELASUNGKAWA ATAS MENINGGALNYA MANTAN MENTERI PENERANGAN HARMOKO   JENAZAH HARMOKO DISEMAYAMKAN DI RUMAH DUKA DI KUNINGAN, JAKARTA SELATAN   MENTERI PENERANGAN ERA SOEHARTO, HARMOKO, MENINGGAL DUNIA DI RSPAD GATOT SOEBROTO   WAKIL KETUA DPR RI SUFMI DASCO AHMAD MINTA PEMERINTAH LARANG WNA MASUK KE INDONESIA SELAMA PPKM DARURAT   GUBERNUR BALI AKAN MULAI VAKSINASI COVID-19 UNTUK ANAK USIA 12-17 TAHUN SECARA SERENTAK PADA 5 JULI 2021   KEMENHUB AKAN BUKA SENTRA LAYANAN VAKSINASI COVID-19 DI BEBERAPA BANDARA DAN STASIUN KERETA API   BUMN KEMBANGKAN RS “MODULAR EXTENSION” RSPJ DENGAN KAPASITAS 400 TEMPAT TIDUR ICU HASIL KERJA SAMA PERTAMINA DAN WIKA   PENUHI PASOKAN OKSIGEN DI RS LAPANGAN, KEMENKES BENTUK SATGAS OKSIGEN DAN MITIGASI DI SETIAP DAERAH DI INDONESIA   PEMERINTAH TARGETKAN PRODUKSI 1.700 TON OKSIGEN PER HARI SECARA NASIONAL, 1.400 TON DI ANTARANYA UNTUK PULAU JAWA   KEMENPERIN SEBUT PARA PRODUSEN DIWAJIBKAN 100 PERSEN PRODUKSI OKSIGEN UNTUK PENUHI KEBUTUHAN MEDIS