Kompas TV nasional kesehatan

Uji Klinis II Vaksin Nusantara Rampung, Begini Hasilnya

Rabu, 16 Juni 2021 | 19:34 WIB
uji-klinis-ii-vaksin-nusantara-rampung-begini-hasilnya
Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto (Sumber: Youtube Kemendikbud RI)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Vaksin Nusantara yang diprakasai eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah merampungkan uji klinis Fase II. 

Peneliti utama Vaksin Nusantara Jonny mengungkapkan hasil uji klinis Fase II calon vaksin Covid-19 dalam negeri berbasis sel dendritik ini, dalam rapat bersama Komisi VII DPR RI, Rabu (16/6/2021).

Jonny mengklaim dari hasil tersebut pihaknya mencatat kejadian tidak diinginkan (KTD) semua derajat ringan. Tak tercatat KTD berat atau serius.

"Kejadian yang tidak diinginkan derajat ringan, didapatkan 21 subjek atau 15,44 persen yang mengeluhkan sebanyak 24 reaksi lokal, berupa pegal, memar, kemerahan, dan gatal. Paling banyak adalah pegal dititik penyuntikan," kata Jonny, Rabu. 

Pada follow up minggu pertama sampai minggu keempat setelah vaksinasi, Jonny mengungkapkan tidak didapatkan kejadian tidak diinginkan reaksi sistemik. 

Baca Juga: Politikus PKS Berharap Vaksin Nusantara Masuk Konsorsium Riset Vaksin dan Uji Klinis Tahap 3

Tak hanya itu, dia juga mengatakan tidak didapatkan kejadian serious adverse event sampai pasiennya dirawat di rumah sakit. Kemudian tidak ditemukan kelainan dari hasil pemeriksaan keamanan laboratorium. 

Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Fadhilah





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:24
MENAKER IDA FAUZIYAH TERBITKAN SURAT EDARAN YANG MEMINTA PERUSAHAAN PATUHI ATURAN DI MASA PPKM DARURAT   GAGAL GINJAL JADI 1 DARI 4 PENYAKIT TERBESAR YANG HABISKAN 12% DANA KATASTROPIK OLEH BPJS KESEHATAN   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY SEBUT BEBAN PEMERINTAH LEBIH RINGAN JIKA PASIEN GAGAL GINJAL LAKUKAN TRANSPLANTASI   MENTERI BUMN ERICK THOHIR JANJIKAN PASOKAN LISTRIK UNTUK PULAU JAWA-BALI AMAN SELAMA PPKM DARURAT   RENCANA PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) TERBATAS DI DIY DITUNDA LANTARAN ADANYA PPKM DARURAT   PELAYANAN DI 38 PUSKESMAS DI CILACAP SEMPAT TERGANGGU AKIBAT 365 TENAGA KESEHATAN POSITIF TERINFEKSI COVID-19   KASUS COVID-19 MENINGKAT, PEMKAB KEBUMEN AKAN MENUTUP TOKO DAN PASAR SELAMA SATU HARI PADA MINGGU, 11 JULI 2021   PENYALURAN BANSOS BAGI PASIEN COVID-19 YANG JALANI ISOMAN DI TANGSEL TERTUNDA KARENA PEMKOT TERKENDALA MASALAH DATA   GUBERNUR SUMUT EDY RAHMAYADI PERPANJANG PPKM MIKRO DI WILAYAHNYA HINGGA 20 JULI 2021   SATGAS COVID-19 INGATKAN SELURUH KARYAWAN PERUSAHAAN NONESENSIAL WAJIB BEKERJA DARI RUMAH SELAMA PPKM DARURAT   SATGAS COVID-19 INGATKAN PERUSAHAAN NONESENSIAL TIDAK PAKSA PEGAWAI BEKERJA DARI KANTOR   SATGAS COVID-19: PENANGANAN PASIEN KORONA OLEH PUSKESMAS TIDAK DIPUNGUT BIAYA APA PUN   SATGAS COVID-19: JANGAN PANIK JIKA BERGEJALA ATAU BERKONTAK ERAT DENGAN PASIEN KORONA, SEGERA MELAPOR KE PUSKESMAS   STOK OBAT UNTUK PASIEN KORONA DIPASTIKAN CUKUP, SATGAS COVID-19 MINTA MASYARAKAT TAK KHAWATIR