Kompas TV entertainment selebriti

Joko Anwar dari Lulusan Teknik Penerbangan ITB Hingga Mendarat di Perfilman

Rabu, 16 Juni 2021 | 06:58 WIB
joko-anwar-dari-lulusan-teknik-penerbangan-itb-hingga-mendarat-di-perfilman
Joko Anwar, Sutradara dan Produser Kreatif Bumilangit Cinematic Universe (Sumber: kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nama Joko Anwar dikenal sebagai sutradara dan penulis skenario bertangan dingin. Ia sukses membuat banyak karya memukau seperti Janji Joni, Pengabdi Setan, dan Perempuan Tanah Jahanam.

Namun mungkin tidak semua mengetahui bahwa Joko Anwar memiliki latar belakang pendidikan di bidang yang jauh dari perfilman.

Saat berbincang bersama Vincent Rompies dan Desta dalam kanal YouTube VINDES, Joko Anwar menyebut, ia lulusan ITB jurusan Teknik Penerbangan.

"Setelah gue lulus SMA, gue cari tahu sekolah film ternyata ada di IKJ. Terus gue tanya, tetangga gue ada yang temannya sekolah di IKJ, ada praktek beli roll film dan lain sebagainya," kata Joko Anwar, Selasa (15/6/2021).

Baca Juga: Sutradara Joko Anwar Minta Dukungan Pemerintah  Kampanye Nonton Bioskop

Joko Anwar mengatakan pada mulanya ia berniat untuk kuliah di jurusan perfilman.  Tapi,  kondisi keuangan keluarganya kala itu tak memungkinkan. Ia tak putus asa,  tetap mencari pendidikan formal yang dekat dengan dunia perfilman.

"Gimana caranya ya bisa tetap belajar film? Ternyata di ITB ada liga film mahasiswa. Di sana lu bisa belajar pegang kamera. Ya sudah karena gue pinter, gue masuk ITB. Itu tes UMPTN," ungkapnya.

Penulis : Dian Septina | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:14
OTORITAS KEUANGAN INGGRIS (FCA) MELARANG BINANCE, BURSA JUAL BELI KRIPTO BEROPERASI DI NEGARANYA   TUJUH ORANG TEWAS DAN 50 LUKA-LUKA AKIBAT LEDAKAN DI SEBUAH GEDUNG DI DHAKA, BANGLADESH, PADA MINGGU MALAM   PENDAFTARAN PPDB DKI JAKARTA JENJANG SMP DAN SMA 2021/2022 UNTUK JALUR ZONASI DIBUKA HARI INI   KASUS COVID-19 MELONJAK, RSUD TARAKAN DI JAKARTA PUSAT SIAPKAN TENDA DARURAT DI IGD DAN SEKOLAH   ANGGOTA DPR ANDRE ROSIADE MINTA KEMENTERIAN BUMN IKUT TURUN TANGAN MENYEDIAKAN RS DARURAT UNTUK PASIEN COVID-19   SATPOL PP DKI JAKARTA TELAH MENINDAK 308 TEMPAT USAHA SELAMA TIGA HARI PENGETATAN PPKM   GUBERNUR ANIES BASWEDAN MINTA WARGA JAKARTA TERUS MENAATI PROTOKOL KESEHATAN KETAT   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: SAAT INI KASUS COVID-19 DI JAKARTA BERADA DI POSISI TERTINGGI SELAMA PANDEMI    KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO WAJIBKAN ANGGOTANYA BAWA BUKU PANDUAN PEDOMAN KONTINGENSI KLASTER COVID-19   KEMENKES: TINGKAT KETERISIAN TEMPAT TIDUR DI RS KABUPATEN/KOTA UNTUK PERAWATAN PASIEN COVID-19 MENCAPAI 100 PERSEN    IDI: SATGAS COVID-19 LOKAL BERPERAN PENTING DALAM PERCEPATAN PELAKSANAAN VAKSINASI DI SEJUMLAH WILAYAH SURABAYA   KEMENTERIAN KESEHATAN PALESTINA MENDETEKSI DUA KASUS PERTAMA COVID-19 VARIAN DELTA   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 5.126: 4.281 SEMBUH, 212 MENINGGAL DUNIA, DAN 633 DALAM PERAWATAN   MENLU RI DAN MENLU KANADA SAMBUT BAIK RENCANA PERUNDINGAN CEPA KEDUA NEGARA