Kompas TV entertainment selebriti

Joko Anwar dari Lulusan Teknik Penerbangan ITB Hingga Mendarat di Perfilman

Rabu, 16 Juni 2021 | 06:58 WIB
joko-anwar-dari-lulusan-teknik-penerbangan-itb-hingga-mendarat-di-perfilman
Joko Anwar, Sutradara dan Produser Kreatif Bumilangit Cinematic Universe (Sumber: kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nama Joko Anwar dikenal sebagai sutradara dan penulis skenario bertangan dingin. Ia sukses membuat banyak karya memukau seperti Janji Joni, Pengabdi Setan, dan Perempuan Tanah Jahanam.

Namun mungkin tidak semua mengetahui bahwa Joko Anwar memiliki latar belakang pendidikan di bidang yang jauh dari perfilman.

Saat berbincang bersama Vincent Rompies dan Desta dalam kanal YouTube VINDES, Joko Anwar menyebut, ia lulusan ITB jurusan Teknik Penerbangan.

"Setelah gue lulus SMA, gue cari tahu sekolah film ternyata ada di IKJ. Terus gue tanya, tetangga gue ada yang temannya sekolah di IKJ, ada praktek beli roll film dan lain sebagainya," kata Joko Anwar, Selasa (15/6/2021).

Baca Juga: Sutradara Joko Anwar Minta Dukungan Pemerintah  Kampanye Nonton Bioskop

Joko Anwar mengatakan pada mulanya ia berniat untuk kuliah di jurusan perfilman.  Tapi,  kondisi keuangan keluarganya kala itu tak memungkinkan. Ia tak putus asa,  tetap mencari pendidikan formal yang dekat dengan dunia perfilman.

"Gimana caranya ya bisa tetap belajar film? Ternyata di ITB ada liga film mahasiswa. Di sana lu bisa belajar pegang kamera. Ya sudah karena gue pinter, gue masuk ITB. Itu tes UMPTN," ungkapnya.

Setelah resmi menjadi mahasiswa ITB, Joko tak bisa bergabung dengan klub film yang ia dambakan.

"Ketika gue masuk situ, gue mendaftar dan gue enggak diterima karena gue enggak kerjakan tugas-tugasnya. Ada beberapa tugas yang gue anggap enggak masuk akal," tutur Joko.

Baca Juga: Perempuan Tanah Jahanam, Film Karya Joko Anwar Resmi Wakili Indonesia ke Oscar 2021

Penulis : Dian Septina | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:17
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19