Kompas TV internasional kompas dunia

Iran Kirim Kapal Perang ke Samudera Atlantik, Diduga Menuju Venezuela, AS Siap Merespon

Jumat, 11 Juni 2021 | 06:05 WIB
iran-kirim-kapal-perang-ke-samudera-atlantik-diduga-menuju-venezuela-as-siap-merespon
Kapal-kapal perang Iran tampak terlihat berada di Samudera Atlantik pada Kamis (10/6/2021). (Sumber: Iranian Army via AP)

DUBAI, KOMPAS.TV – Iran mengirim dua kapal perang yang terdiri dari sebuah kapal perusak dan sebuah kapal pendukung ke Samudera Atlantik dalam sebuah misi rahasia. Tujuan kapal perang Iran itu tidak diketahui.

Melansir Associated Press pada Kamis (10/6/2021), kedua kapal perang tersebut yakni kapal penghancur Sahand yang dirakit di dalam negeri Iran dan kapal pendukung sekaligus pengumpul data intelijen Makran. Sumber pejabat Amerika Serikat (AS) menyebut, kedua kapal perang Iran itu tengah menuju Venezuela. Namun, hal itu belum terkonfirmasi.

Wakil Panglima Militer Iran Laksamana Habibollah Sayyari mengatakan, kedua kapal perang itu berangkat dari Bandar Abbas, pelabuhan di selatan Iran pada bulan lalu. Misi mereka, sebut Sayyari tanpa merinci, merupakan misi Angkatan Laut (AL) Iran terlama dan paling menantang.

Baca Juga: Kapal Perang Iran dan AS Bersitegang di Teluk Persia

Televisi pemerintah Iran merilis sebuah video pendek tentang kapal perusak Sahand yang tengah mengarungi Samudera Atlantik yang ganas. Video itu tampaknya diambil dari Makran, sebuah kapal tanker minyak komersial yang disulap menjadi kapal pendukung militer yang dilengkapi dengan platform peluncuran helikopter.

"AL Iran tengah meningkatkan kapasitas pelayarannya dan membuktikan daya tahan jangka panjangnya di lautan Samudera Atlantik yang memiliki kondisi cuaca tak menguntungkan,” tutur Sayyari. Kedua kapal perang itu, imbuh Sayyari, tidak akan singgah di pelabuhan negara mana pun selama menjalani misi.

Sejumlah gambar bertanggal 28 April yang dirilis oleh Mazar Technologies menunjukkan tujuh unit kapal serang-cepat yang biasanya terkait dengan pasukan paramiliter Garda Revolusioner Iran di atas dek kapal Makran.

Citra satelit yang dirilis Planet Labs Inc menunjukkan bahwa Makran lepas sauh di Bandar Abbas setelah 29 April lalu. Keberadaan Makran dan kapal perusak kini masih belum jelas.

Kapal perang Makran milik Iran tampak bersandar di pelabuhan Bandar Abbas pada 28 April 2021. (Sumber: Maxar Technologies via AP)

Di Washington, Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price tak mau berspekulasi tentang muatan kedua kapal perang itu. “Jika ini adalah upaya untuk mentransfer senjata atau pelanggaran atas hukum internasional, kami akan siap merespon,” ujar Price.

“Kami telah melihat laporan-laporan media terkait pergerakan ini,” imbuh Price. “Kami siap mengerahkan otoritas terkait, termasuk (memberlakukan) sanksi-sanksi, terhadap pihak mana pun yang memungkinkan penyediaan senjata Iran terhadap mitra-mitra kekerasannya.”

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:44
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19