Kompas TV internasional kompas dunia

Kapal Perang Iran dan AS Bersitegang di Teluk Persia

Selasa, 27 April 2021 | 16:23 WIB
kapal-perang-iran-dan-as-bersitegang-di-teluk-persia
Kapal yang dikomandoi oleh Pengawal Revolusi Paramiliter Iran dihadang oleh USCGC Monomoy. Insiden ini menyebabkan kapal Penjaga Pantai Iran harus menghentikan kapalnya. Peristiwa ini terjadi pada 2 April lalu, namun baru dirilis Angkatan Laut AS pada Selasa (27/4/2021). (Sumber: U.S. Navy via AP)

DUBAI, KOMPAS.TV - Kapal perang Amerika Serikat (AS) dan Iran sempat mengalami pertemuan menegangkan di Teluk Persia awal bulan ini.

Insiden itu merupakan yang pertama dalam satu tahun terakhir.

Dalam rekaman yang dirilis oleh Angkatan Laut AS, terlihat sebuah kapal yang dikomandoi oleh Pengawal Revolusi Paramiliter Iran dihadang USCGC Monomoy.

Insiden ini menyebabkan kapal Penjaga Pantai Iran harus menghentikan kapalnya.

Peristiwa ini terjadi pada 2 April lalu, namun baru dirilis Angkatan Laut AS pada Selasa (27/4/2021).

Lintasan antar-kapal yang begitu dekat berisiko membuat kedua kapal bertabrakan di laut.

Namun demikian, insiden ini tidak mengakibatkan cedera atau kerusakan.

"Awak AS mengeluarkan peringatan melalui radio, juga mengeluarkan lima ledakan pendek. Sementara  Harth 55 (Iran) melanjutkan manuver yang tidak aman," Kata Juru Bicara Angkatan Laut Mideast-based 5th fleet, Rebecca Rebarich.

Baca Juga: Iran Pamerkan Sederet Alutsista Baru Buatan dalam Negeri

"Setelah sekitar tiga jam AS mengeluarkan peringatan dan melakukan manuver defensif, kapal (Iran) bermanuver menjauh dari kapal AS dan membuka jarak di antara mereka," tambah Rebarich, seperti dikutip dari The Associated Press.

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Deni Muliya

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Inspirasi Musik

Sheila on 7 - Lapang Dada

Jumat, 30 Juli 2021 | 23:11 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
01:06
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19