Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Mayoritas Saham PT Aplikasi Karya Anak Bangsa, yang Menaungi GoTo, Dimiliki Asing

Rabu, 9 Juni 2021 | 15:03 WIB
mayoritas-saham-pt-aplikasi-karya-anak-bangsa-yang-menaungi-goto-dimiliki-asing
Ilustrasi Layanan GoTo, hasil merger Gojek dan Tokopedia (Sumber: Instagram @liamtanu)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Gojek dan Tokopedia baru saja bergabung atau merger dan membentuk perusahaan bernama GoTo. Walaupun keduanya merupakan perusahaan asli Indonesia, kepemilikan saham di GoTo ternyata didominasi oleh asing.

Seperti dikutip dari data Ditjen Administrasi Hukum Umum (AHU) Kementerian Hukum dan HAM, saham di PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (AKAB) yang menaungi Gojek dan pemilik saham terbesar GoTo, mayoritas dimiliki asing.

Investor asing tercatat memiliki sebesar Rp691,53 miliar atau sekitar 86,37 persen. Sedangkan investor dalam negeri memiliki saham sebesar Rp109,16 miliar atau sekitar 13,63 persen.

Di sisi lain, tidak ada perusahaan asing yang sahamnya mencapai 2 digit di AKAB. Dengan kata lain, investor asing pun bergotong royong membeli saham AKAB dan menunjang kebutuhan  finansialnya.

Baca Juga: Bukan Indonesia, Ternyata Ini Pemilik Saham Terbesar GoTo Hasil Merger Gojek-Tokopedia

Berikut 10 Besar Pemegang Saham AKAB,:

1. Temasek Holdings menjadi investor AKAB melalui Anderson Investment PTE LTD dan Gamvest PTE LTD. Anderson Investment memiliki saham Seri I, Seri Q, dan Seri Z dengan nilai sebesar Rp 21,83 miliar. Sementara itu, Gamvest memiliki saham Seri A, Seri D, Seri E, Seri F, Seri I, dan Seri M senilai Rp 50,45 miliar. Sehingga, akumulasi nilai kepemilikan saham keduanya mencapai Rp 72,28 miliar (9,02% dari total modal disetor).

Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:46
VENESIA TERANCAM DIHAPUS DARI DAFTAR SITUS WARISAN DUNIA AKIBAT KERUSAKAN YANG DISEBABKAN PARIWISATA BERLEBIHAN   KPK LAPORKAN AKTIVIS #BERSIHKANINDONESIA KE POLRES JAKSEL ATAS AKSI PENEMBAKAN LASER KE GEDUNG MERAH PUTIH KPK   WAGUB PAPUA BARAT M LAKOTANI BANTAH ISU VAKSINASI COVID-19 UNTUK HAPUS ETNIS TERTENTU   SEBANYAK 28 ANGGOTA SATPOL PP KABUPATEN ENDE, NTT, YANG TERLIBAT PESTA MIRAS DISANKSI, 3 DI ANTARANYA DIRUMAHKAN   STOK OKSIGEN LIKUID HABIS, RS IMMANUEL KOTA BANDUNG CARI BANTUAN   KAI DAOP III CIREBON HANYA LAYANI PENUMPANG YANG BEKERJA DI SEKTOR ESENSIAL DAN KRITIKAL PADA 20-25 JULI 2021   POLRES TEGAL TANGKAP 69 PELAJAR YANG HENDAK MENGIKUTI DEMO MENOLAK PERPANJANGAN PPKM DARURAT   KETUA DPRD SULBAR, SITTI SURAIDAH SUHARDI, POSITIF TERINFEKSI COVID-19 UNTUK KEDUA KALINYA   PEMERINTAH TAMBAH 2.000 TEMPAT TIDUR UNTUK PERAWAT PASIEN COVID-19   PEMKOT JAKTIM FOKUSKAN PENYEMBELIHAN HEWAN KURBAN DI RPH PULOGADUNG DAN RPH PENGGILINGAN   PENYALURAN BANSOS TUNAI UNTUK 99.763 KELUARGA DI JAKARTA TERTUNDA KARENA PEMADANAN DATA MILIK PEMPROV DAN KEMENSOS   KEMENHUB BATASI PERJALANAN LAUT DI MASA LIBUR IDUL ADHA   MENDAGRI TITO KARNAVIAN INSTRUKSIKAN PEMDA PERCEPAT PENYALURAN BANSOS BAGI WARGA YANG TERDAMPAK PANDEMI   PRESIDEN JOKOWI AKAN SHALAT IDUL ADHA DI ISTANA KEPRESIDENAN BOGOR