Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Bukan Indonesia, Ternyata Ini Pemilik Saham Terbesar GoTo Hasil Merger Gojek-Tokopedia

Senin, 24 Mei 2021 | 08:36 WIB
bukan-indonesia-ternyata-ini-pemilik-saham-terbesar-goto-hasil-merger-gojek-tokopedia
Kolaborasi Gojek dan Tokopedia menjadi GoTo menjanjikan banyak manfaat bagi jutaan masyarakat Indonesia, termasuk mitra driver dan UMKM. (Sumber: Dok. GoTo)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Saham perusahaan hasil merger Gojek dengan Tokopedia, GoTo, ternyata mayoritas dimiliki SoftBank asal Jepang dan Alibaba asal China. Mengutip Nikkei Asia, Senin (24/05/2021), SoftBank memiliki 15,3 persen saham GoTo, sementara Alibaba memiliki saham sebesar 12,6 persen.

Hal itu diketahui dari sebuah dokumen pengajuan GoTo kepada pihak otoritas yang di dapat Nikkei Asia. Dokumen itu menyebutkan, hanya SoftBank dan Alibaba yang memiliki saham dua digit di GoTo. Keduanya merupakan investor di Tokopedia.

Sedang investor lainnya hanya single digit. Seperti Google dan Temasek Singapura, yang juga punya saham di Gojek dan Tokopedia.

Sebelum merger, Tokopedia dan Gojek memang sudah disokong oleh banyak investor. Setelah merger, saham GoTo 58 persen dimiliki Gojek dan 42 persen dimiliki Tokopedia.

Baca Juga: Jika IPO, Kapitalisasi Pasar GoTo Jadi Terbesar Ke-7 di BEI

Sumber Nikkei Asia mengatakan, kemungkinan  GoTo akan melantai di bursa saham Indonesia lebih dulu, baru menawarkan saham perdana (Initial Public Offering/IPO) di Amerika.

Dengan langkah tersebut, GoTo mengincar valuasi mendekati 40 miliar dollar AS atau setara Rp572 triliun (kurs Rp14.300 per dolar AS). Perusahan ride-hailing dan Super App asal Malaysia, Grab, telah mencapai nilai tersebut.

Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:38
WEBINAR “LOGIKA BERBAHASA” BERSAMA IVAN LANIN DAN PENYELARAS BAHASA KOMPAS. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   PERTASHOP TELAH TERINTEGRASI DENGAN BISNIS LAIN, SEPERTI BRILINK, LPG BRIGHT GAS, PULSA, DAN AIR MINERAL    TIM BPH MIGAS MELAKUKAN KUNJUNGAN KE SEJUMLAH PERTASHOP DI KAWASAN BANDUNG, JABAR    DUBES RI SEBUT PEMERINTAH ARAB SAUDI BELUM UMUMKAN KETENTUAN KUOTA HAJI 1442 HIJRIAH    LANGGAR PROTOKOL KESEHATAN, DUA KOLAM RENANG DI SUMATERA UTARA DITUTUP POLISI    SATGAS COVID-19 MINTA MASYARAKAT KONSISTEN TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN UNTUK MENEKAN PENULARAN COVID-19    SATGAS COVID-19: PSBB PROPORSIONAL DI JAWA BARAT DIPERPANJANG HINGGA 31 MEI 2021    SATU ANAK BUAH KAPAL ASAL SEMARANG, JAWA TENGAH, DILAPORKAN MENINGGAL DUNIA SETELAH TERPAPAR COVID-19    SEKITAR 16.000 ORANG KUNJUNGI TAMAN MINI INDONESIA INDAH DI JAKARTA TIMUR PADA AKHIR PEKAN INI    SEBANYAK TUJUH WARUNG KOPI DI BANDA ACEH DISEGEL KARENA MEMICU KERUMUNAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19    INFORMASI PENERIMAAN CPNS SECARA RESMI HANYA AKAN DISAMPAIKAN MELALUI SITUS RESMI KEMENKUMHAM    KEMENKUMHAM IMBAU MASYARAKAT BERHATI-HATI TERHADAP SEGALA INFORMASI MENGENAI PENERIMAAN CPNS    SATGAS COVID-19: KASUS COVID-19 DI GRIYA MELATI BUBULAK MASUK KEJADIAN LUAR BIASA KARENA PENULARANNYA CEPAT   SATGAS COVID-19 KOTA BOGOR TETAPKAN KASUS COVID-19 DI GRIYA MELATI BUBULAK SEBAGAI KEJADIAN LUAR BIASA