Kompas TV internasional kompas dunia

2 Desa Kongo Diserang, Sedikitnya 50 Tewas, ADF yang Berafiliasi dengan ISIS Diduga Pelakunya

Kompas.tv - 1 Juni 2021, 03:05 WIB
2-desa-kongo-diserang-sedikitnya-50-tewas-adf-yang-berafiliasi-dengan-isis-diduga-pelakunya
Peta wilayah Republik Demokratik Kongo dan wilayah Irumu yang menjadi lokasi serangan bersenjata pada Minggu malam (30/5/2021) hingga Senin dinihari (31/5/2021). (Sumber: Alexis Huguet/AFP)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

KINSHASA, KOMPAS.TV – Serangan bersenjata di dua desa di Provinsi Ituri di timur Kongo menewaskan sedikitnya 50 orang.

Melansir Associated Press, orang-orang bersenjata mengepung sebuah kamp bagi orang-orang terlantar di kawasan Bahema-Boga pada Senin dinihari (31/5/2021).

Menurut Gaston Babunya, seorang sekretaris administrasi wilayah setempat, serangan itu menewaskan setidaknya 29 orang. Jumlah korban tewas, imbuh Babunya, tampaknya akan bertambah.

Sekitar pukul 1 dini hari Senin, para penyerang bersenjata itu menembaki penduduk.

“Sebelum pergi, mereka juga membakar tujuh kendaraan bermotor dan beberapa toko,” kata Babunya.

Baca Juga: Dubes Italia Terbunuh dalam Serangan Kelompok Bersenjata di Kongo

Pemimpin Gereja Anglikan yang sebelumnya telah pindah dari Banande-Kainama di wilayah Beni untuk menghindari aksi kekerasan yang kian meningkat di sana, termasuk salah seorang yang tewas.

Para penyerang bersenjata juga menyerang desa Banyali-Tchabi pada Minggu malam (30/5/2021). Mereka membunuh lebih dari 20 orang warga, termasuk perempuan dan anak-anak. Istri kepala desa termasuk salah satu korban tewas dalam serangan itu.

Sementara, AfricaNews melaporkan, serangan terhadap Desa Boga dan Tchabi di wilayah Irumu di Provinsi Ituri itu menewaskan sedikitnya 50 orang.

“Jumlah korban tewas serangan pada Minggu dan Senin itu meningkat menjadi sedikitnya 50 warga sipil. Jumlah sementara, 28 korban tewas di Boga, dan 22 orang lainnya tewas di Tchabi,” demikian dikutip dari Kivu Security Barometer (KST).

Baca Juga: 25 Warga Tewas Akibat Serangan Pemberontak di Kongo Timur, Beberapa Dipenggal



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x