Kompas TV internasional kompas dunia

Dubes Italia Terbunuh dalam Serangan Kelompok Bersenjata di Kongo

Kompas.tv - 23 Februari 2021, 04:01 WIB
dubes-italia-terbunuh-dalam-serangan-kelompok-bersenjata-di-kongo
Penjaga perdamaian Dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menjaga daerah di mana konvoi PBB diserang dan duta besar Italia untuk Kongo tewas, di Nyiragongo, provinsi Kivu Utara, Kongo Senin, 22 Februari 2021. (Sumber: Foto AP / Justin Kabumba)
Penulis : Tussie Ayu

KINSHASA, KOMPAS.TV - Duta Besar (Dubes) Italia untuk Kongo, Luca Attanasio, terbunuh dalam serangan kelompok bersenjata yang menyerang konvoi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Senin (22/2/2021).

Ketika terbunuh, Dubes Attanasio tengah melakukan perjalanan dari Goma, ibu kota wilayah timur Kongo, untuk mengunjungi proyek sekolah World Food Prgramme (WFP) di Rutshuru, Kongo.

Seperti dikutip dari the Associated Press, WFP mengatakan, serangan itu terjadi di jalan yang sebelumnya telah dibersihkan untuk perjalanan tanpa pengawalan keamanan. Pihaknya tengah mencari informasi lebih lanjut dari pejabat setempat tentang serangan itu.

Kongo Timur adalah rumah bagi banyak sekali kelompok pemberontak yang semuanya berlomba-lomba untuk menguasai negara Afrika Tengah yang kaya mineral itu.

Baca Juga: Prajurit TNI Gugur Diserang Kelompok Bersenjata Papua

Selain Dubes Italia, seorang perwira polisi Carabinieri Italia dan sopir mereka yang berkewarganegaraan Kongo juga tewas dalam serangan ini. Anggota lain dari konvoi itu yang terluka telah dibawa ke rumah sakit.

Serangan itu terjadi beberapa kilometer di utara Goma, tepat di sebelah Taman Nasional Virunga. Gubernur Kivu Utara, Carly Nzanzu Kasivita mengatakan, kendaraan PBB dibajak oleh penyerang dan dibawa ke hutan.

Tentara Kongo dan penjaga taman untuk Taman Nasional Virunga kemudian datang untuk membantu mereka yang telah diserang, katanya.

“Terjadi baku tembak. Para penyerang menembaki pengawal dan duta besar itu, ”kata gubernur.

Tanpa mengutip sumber, TV pemerintah Italia pada Senin malam mengatakan, konvoi itu tampaknya menjadi sasaran upaya penculikan dengan tujuan mendapatkan uang tebusan. Pada tahun 2018 di tempat yang sama, dua warga negara Inggris juga pernah diculik oleh pria bersenjata tak dikenal.

Duta Besar Italia untuk Kongo, Luca Attanasio, berfoto dalam kunjungannya ke Pusat Impian Komunitas di Kinshasa, Kongo, pada 24 Januari 2018. Attanasio tewas pada Senin (22/2/2021) dalam serangan terhadap konvoi PBB di daerah yang menjadi markas kelompok pemberontak. (Sumber: Associated Press)


Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.