Kompas TV internasional kompas dunia

Pekerja Migran Rayakan Lebaran dengan Menyantap Hidangan Khas Indonesia di KJRI Jeddah

Kompas.tv - 14 Mei 2021, 10:09 WIB
pekerja-migran-rayakan-lebaran-dengan-menyantap-hidangan-khas-indonesia-di-kjri-jeddah
Para pekerja migran di KJRI Jeddah saat menyantap makanan khas Indonesia, Kamis (13/5/2021) (Sumber: kemlu.go.id)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

JEDDAH, KOMPAS.TV - Sebanyak 65 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang menghuni shelter Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah merayakan lebaran dengan menyantap hidangan khas Indonesia.

Puluhan pekerja migran tidak bisa pulang ke Indonesia, lantaran sedang menunggu penyelesaian permasalahan dengan pengguna jasa atau majikan dengan rentang masa yang bervariasi.

Baca Juga: 6 Tahun Tak Ketemu Anak, Mantan TKI Ini Ngotot Mudik: Saya Tak Mau Putar Balik, Lebih Baik Dipenjara

Sebab itulah, KJRI Jeddah hadir untuk menjembatani kerinduan para pekerja migran terhadap Indonesia pada Idulfitri tahun ini.

“Sudah semestinya kita hadir di tengah-tengah saudara-saudara kita yang kurang beruntung ini, supaya mereka tidak sedih di saat yang lain bergembira. Mereka bagian dari keluarga kita,” ucap Konjen RI, Eko Hartono melalui keterangan tertulis, Kamis (13/5/2021).

Sebelumnya, KJRI Jeddah menggelar salat Idulfitri secara terbatas bersama beberapa staf. Pelaksanaan ibadah tersebut mengikuti ketentuan pemerintah Arab Saudi yang melarang adanya kerumunan orang selama pandemi untuk mencegah penularan Covid-19.

Baca Juga: Angka Kasus Covid-19 Turun Seminggu Berturut-turut, Kemnaker Siap Buka Penempatan TKI Ke Taiwan

Beberapa hidangan khas Indonesia yang disajikan antara lain opor ayam, sayur lodeh tahu, lontong, sambal goreng kentang dan hati, es buah, serta cemilan kacang telur.

Pihak KJRI menyatakan hidangan yang disajikan diharapkan dapat mengobati kerinduan para PMI terhadap kampung halaman masing-masing.

Baca Juga: Berduka karena Serangan Roket Israel, Palestina Meniadakan Perayaan Idulfitri



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x