Kompas TV nasional update corona

Mutasi Covid-19 dari India dan Afrika Masuk Indonesia, Menkes Minta Masyarakat Lebih Disiplin

Kompas.tv - 4 Mei 2021, 10:41 WIB
Penulis : Natasha Ancely

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah kembali mengumumkan kasus covid-19 mutasi baru dari India dan Afrika ditemukan di Indonesia.

Varian mutasi virus corona yang baru itu lebih berbahaya dan tingkat penularaannya tinggi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, saat ini dua kasus covid 19 mutasi baru dari India telah ditemukan di Jakarta.

Satu kasus covid-19 mutasi Afrika Selatan ditemukan di Bali dan 13 kasus covid 19 mutasi Inggris ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia.

"Tadi dilaporkan ke Presiden karena sudah ada mutasi dari India yang masuk ada 2 insiden yang sudah kita liat dua-duanya di Jakarta dan 1 insiden mutasi Afrika Selatan itu di Bali. Selain dari Inggris yang sekarang sudah ada 13," jelas Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers secara virtual pada Senin, 3 Mei 2021.

Karena lebih berbahaya, Menkes meminta masyarakat untuk lebih dispilin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Karena penularannya realtif lebih tinggi ini harus kita jauga mumpung masih sedikit karena mereka pasti akan segera menyebar. Tugas kita bersama untuk segera lakukan isolasi bagi yang kena disiplin lakukan testing tracing untuk kontak erat wilayah sekitarna dan yang paling penting pakai masker, cuci tangan, jaga jarak apapun mutasinya," kata Menkes.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x