Kompas TV nasional update

Ini Penjelasan tentang Guillain-Barre Syndrome yang Lumpuhkan Guru Susan Usai Vaksinasi Covid-19

Kompas.tv - 3 Mei 2021, 17:50 WIB
ini-penjelasan-tentang-guillain-barre-syndrome-yang-lumpuhkan-guru-susan-usai-vaksinasi-covid-19
Seorang guru di SMAN 1 Cisolok bernama Susan Antela (31) mengalami kelumpuhan seusai divaksin Covid-19. (Sumber: TRIBUN JABAR/M RIZAL JALALUDIN)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Eddward S Kennedy

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Seorang guru honorer di Sukabumi, Jawa Barat bernama Susan Antela (31) menderita kelumpuhan usai vaksinasi Covid-19 karena terjangkit virus Guillan-Barre Syndrome (GBS). 

Menurut Prof Kusnandi Rusmil, Komisi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Jawa Barat, Susan telah terjangkit virus GBS beberapa waktu sebelum vaksinasi.

“Sebetulnya dua minggu sebelumnya ada tanda-tanda infeksi yang tidak bergejala. Oleh karena GBS itu tidak mungkin langsung begitu suntik langsung lumpuh,” ujar Kusnandi dalam jumpa pers virtual, Senin (3/5/2021).

Baca Juga: Guru Susan Mengidap Guillain-Barre Syndrome, Kelumpuhannya Usai Divaksin Covid-19 Disebut Kebetulan

Rodman Tarigan, Anggota Komda KIPI Jabar mengatakan, sulit mendeteksi orang yang telah terjangkit GBS. Hal ini karena gejala penyakit ini tak terlihat.

“Kita agak sulit menanyakan ke siapa pun yang akan divaksinasi gejala-gejala GBS. Jadi agak sulit memang untuk melakukan screening karena manifestasi (gejala) tidak muncul,” jelas Rodman.

Susan sendiri datang ke tempat vaksinasi dalam keadaan yang terlihat sehat, menurut Rodman. 

“Kalau ada batuk atau pilek sudah bisa di-screening (disaring). Dia datang dalam kondisi sehat, tapi sudah terpapar oleh sesuatu, inflamasi (peradangan) yang ternyata setelah divaksinasi muncul kondisi tersebut,” ujar Rodman.

Dokter spesialiasi neurologi Dewi Hawani menerangkan, Guillan-Barre Syndrome ini menyerang sel saraf. Virus GBS itu membuat sel saraf berubah menjadi sel bakteri.

“Virus dan bakteri ini tidak langsung merusak saraf, tetapi menyerang saraf karena proses autoimun. Sel saraf yang mengurus motorik atau mata itu berubah menjadi sel bakteri,” terang Dewi.

Karena itu, sistem imun tubuh pun menganggap sel saraf sebagai bahaya yang mesti dimusnahkan. Mereka pun menyerang sel saraf orang yang terjangkit GBS.

Baca Juga: Pemerintah Perluas PPKM Mikro Jadi 30 Provinsi, Ini Daftar Wilayahnya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x