Kompas TV nasional peristiwa

Guru Susan Mengidap Guillain-Barre Syndrome, Kelumpuhannya Usai Divaksin Covid-19 Disebut Kebetulan

Kompas.tv - 3 Mei 2021, 16:57 WIB
guru-susan-mengidap-guillain-barre-syndrome-kelumpuhannya-usai-divaksin-covid-19-disebut-kebetulan
Seorang guru di SMAN 1 Cisolok bernama Susan Antela (31) mengalami kelumpuhan seusai divaksin Covid-19. (Sumber: TRIBUN JABAR/M RIZAL JALALUDIN)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Eddward S Kennedy

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Prof. Kusnandi Rusmil, Ketua Komisi Daerah (Komda) Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Jawa Barat menyebut, Susan Antela (31) menderita kelumpuhan karena terjangkit virus sebelum vaksinasi Covid-19.

Kusnandi mengatakan, kelumpuhan usai vaksinasi itu kebetulan saja. Sebabnya, guru honorer asal Cisolok, Sukabumi itu telah terjangkit virus penyebab guillain barre syndrome (GBS).

“Sebelum diimunisasi, sudah terjadi infeksi tanpa gejala yang menimbulkan penyakit GBS. Jadi itu kebetulan saja,” ujar Kusnandi dalam konferensi pers virtual, Senin (3/5/2021).

Baca Juga: Komnas KIPI Belum Bisa Pastikan Guillain-Barre-Syndrome Dampak Dari Vaksinasi Covid-19

Menurut Kusnandi, penyakit GBS ini sudah menjangkiti Susan dua hingga empat minggu sebelum kelumpuhan usai vaksinasi itu.

“Sebetulnya dua minggu sebelumnya ada tanda-tanda infeksi yang tidak bergejala. Oleh karena GBS itu tidak mungkin langsung begitu suntik langsung lumpuh,” kata Kusnandi.

Ia juga menambahkan, penyakit itu akan tetap menyebabkan kondisi yang saat ini Susan derita, meski tidak menjalani vaksinasi Covid-19.

“Sebenarnya disuntik atau tidak disuntik vaksin, (kondisi) akan terjadi,” beber Kusnandi.

Rodman Tarigan, Anggota Komda KIPI Jabar mengaku, ada kesulitan mengetahui seseorang terjangkit virus pemicu GBS ini saat proses screening sebelum vaksinasi Covid-19.

“Kita agak sulit menanyakan ke siapa pun yang akan divaksinasi gejala-gejala GBS. Jadi agak sulit memang untuk melakukan screening karena manifestasi (gejala) tidak muncul,” jelas Rodman.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x