Kompas TV nasional sapa indonesia

Waspada, Indonesia Menempati Urutan ke-3 Penderita TBC Terbanyak di Dunia

Senin, 3 Mei 2021 | 18:36 WIB

KOMPAS.TV - Mengacu pada Global Tuberculosis Report WHO 2019, Indonesia menempati urutan ke-3 sebagai negara dengan penderita tuberkulosis (TB atau TBC) terbanyak di dunia, setelah India dan Tiongkok.

Tuberkulosis atau TB menjadi penyakit menular yang berbahaya dan darurat di dunia termasuk di Indonesia.

Sebelum adanya pandemi covid-19, penyakit TB sudah menjadi komitmen untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Menurut data Menteri Kesehatan tahun 2020 lalu, Indonesia masuk peringkat ke-3 dengan angka kasus penderita TB tertinggi di dunia.

Seperti yang terjadi di Aceh, seorang anak, bernama Ahyasa Fahlevi, kini masih terbaring lemas di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Zainul Abidin, Banda Aceh.

Menurut sang ibu, Ahyasa sudah mendapat imunisasi dasar lengkap, meski diakuinya ada tahapan vaksinasi yang terlewat.

Ahyasa terlambat dibawa ke dokter spesialis karena minimnya pengetahuan tentang gejala TB pada anak. Kendala biaya juga membuat Ahyasa tak dirujuk dengan pengobatan serius saat mengalami batuk berkepanjangan.
 

Penulis : Anjani Nur Permatasari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:26
KEJAGUNG TAHAN DUA TERSANGKA KASUS KORUPSI BANK SYARIAH MANDIRI SIDOARJO   MENKOMINFO SEBUT GANGGUAN INTERNET DI PAPUA HANYA DI KOTA JAYAPURA, ABEPURA, SENTANI, DAN SARMI   KONI BANTEN MINTA KONI TANGSEL SEGERA USULKAN PENGGANTI BENDAHARA YANG JADI TERSANGKA KORUPSI    NORWEGIA SIAP PERKUAT KERJA SAMA DENGAN INDONESIA DALAM SEKTOR ENERGI TERBARUKAN   PEMKAB GORONTALO ANGGARKAN RP 5 MILIAR UNTUK BENAHI SIRKUIT BALAP SANG PROFESOR DI KELURAHAN BONGOHULAWA   DPR AKAN REVISI JADWAL PILPRES-PILEG 2024 KARENA BERSAMAAN DENGAN HARI RAYA GALUNGAN   MENURUT RENCANA, JADWAL PILPRES-PILEG 2024 DIGELAR PADA 28 FEBRUARI 2024   KPUD BALI MINTA UBAH JADWAL PENCOBLOSAN PILPRES-PILEG 2024 KARENA BERTEPATAN DENGAN HARI RAYA GALUNGAN   PROGRES PEMBANGUNAN SIRKUIT MANDALIKA DI LOMBOK TENGAH, NTB, SUDAH MENCAPAI 77 PERSEN   INDONESIA BEKERJA SAMA DENGAN PERANCIS PERKUAT RISET KELAUTAN NASIONAL    INDONESIA DESAK ASEAN SEGERA TUNJUK UTUSAN UNTUK MEDIASI DI MYANMAR   GUBERNUR GANJAR PRANOWO MINTA TAMBAHAN VAKSIN COVID-19 BAGI ZONA MERAH DI JAWA TENGAH   BADAN PELINDUNGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA (BP2MI): 80 PERSEN TENAGA MIGRAN ILEGAL KORBAN SINDIKAT   PEMASANGAN ATAP JAKARTA INTERNATIONAL STADIUM (JIS) DI JAKARTA UTARA DITARGETKAN RAMPUNG 5 JULI 2021