Kompas TV nasional sosial

Cerita Anies Baswedan, Banyak Perempuan di Pulau Kelapa Menjadi Ketua RT

Kompas.tv - 1 Mei 2021, 18:53 WIB
cerita-anies-baswedan-banyak-perempuan-di-pulau-kelapa-menjadi-ketua-rt
Anies Baswedan dalam kunjungannya disambut warga ketua RT Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu pada Jumat (30/4/2021). (Sumber: Twitter Anies Baswedan)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan bahwa di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu, banyak perempuan menjadi Ketua Rukun Tetangga (RT).

“Inilah para Ketua RT di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu, dari 31 RT, 29 di antaranya diketuai perempuan,” tulis Anies melalui akun Twitternya, Sabtu (30/4/2021).

Anies menceritakan ada dua alasan di balik kenapa banyak perempuan menjadi ketua RT.

“Pertama, masyarakat pulau tak ada masalah apabila Ketua RT mereka perempuan, justru mereka amat terbantu karena perempuan biasanya lebih aktif melakukan sosialisasi dan membantu program-program kelurahan."

"Kedua, sebagian besar penduduk Pulau Kelapa bermata pencarian sebagai nelayan, sehingga para laki-laki lebih sering melaut dibandingkan di rumah dan ini membuat mereka memilih ketua RT perempuan lebih mudah ditemui," jelas Anies.

Anies juga memberikan apresiasi kepada seluruh warga yang menjabat sebagai ketua RT karena berjasa dalam membantu pemerintah dalam mencegah dan melawan pandemi Covid-19 di daerah itu.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada Ibu/Bapak Ketua RT yang telah menjadi ujung tombak kita selama melawan pandemi setahun terakhir ini,” tulisnya.

Diketahui Anies Baswedan pada hari sebelumnya, Jum’at (30/4/2021) pagi kemarin, melakukan kunjungan kerja ke Kepulauan Seribu ditemani istri dan sejumlah jajarannya.

Baca juga: Kunjungan Kerja Ke Kepulauan Seribu, Anies Temui dan Berdiskusi dengan Tenaga Kesehatan

Anies dan rombongan berangkat dari Dermaga 18 Marina, Ancol, Jakarta Utara, menuju empat lokasi di Kepulauan Seribu, yakni Pulau Pramuka, Pulau Kelapa Dua, Pulau Kelapa dan Pulau Sabira.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x