Kompas TV cerita ramadan kesehatan

Puasa Ramadan Sambil Diet? Bisa Banget! Tips Penting dari Ahli Gizi: Jangan Skip Sahur!

Senin, 12 April 2021 | 17:07 WIB
puasa-ramadan-sambil-diet-bisa-banget-tips-penting-dari-ahli-gizi-jangan-skip-sahur
Ilustrasi berpuasa sembari idet. (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Puasa Ramadan memiliki segudang manfaat kesehatan, salah satunya mampu menurunkan berat badan. Namun, manfaat yang satu ini harus dilakukan dengan beberapa cara yang tepat.

Jika dilakukan dengan cara yang kurang tepat, salah-salah malah berdampak buruk bagi kesehatan atau aktivitas saat berpuasa, sepertu lemas, kelelahan, hingga kekurangan nutrisi.

Ahli Gizi bernama Seala Septiani mengatakan bahwa berpuasa Ramadan sembari diet sangat mungkin dilakukan.

Baca Juga: Ini Jenis Olahraga Terbaik Saat Puasa, Lakukan Sebelum Berbuka

"Sangat memungkinkan karena beberapa studi menemukan manfaat puasa," ujar Seala, dikutip dari Kompas.com, Senjn (12/4/2021).

Menurutnya, pola makan di bulan Ramadan sudah terbukti manjur menurunkan lemak dan kadar kolesterol, mengecilkan lingkar pinggang, hingga menurunkan berat badan.

Seala menegaskan, dampak positif tersebut dapat dicapai dengan aturan pola makan, seperti pembatasan atau defisit kalori. Pastikan untuk tetap mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi saat sahur dan berbuka puasa.

Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Eddward S Kennedy





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:01
KEMENHUB AKAN BUAT KEBIJAKAN UNTUK TERUS DORONG PENINGKATAN PERGERAKAN PESAWAT DI TENGAH PANDEMI   MENHUB BUDI KARYA SUMADI: PERGERAKAN PESAWAT DI INDONESIA TAHUN KEDUA PANDEMI COVID-19 SEMAKIN MEMBAIK   ANGGOTA KOMISI XI DPR MISBAKHUN TAK SETUJU SOAL RENCANA PENGENAAN PPN SEMBAKO DAN JASA PENDIDIKAN   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO: PERSIAPAN PEMBUKAAN PARIWISATA BAGI WISATAWAN MANCANEGARA SUDAH 90 PERSEN   PRESIDEN JOKOWI TARGETKAN PEMBUKAAN "TRAVEL CORRIDOR ARRANGEMENT" DAPAT TEREALISASI PADA JULI 2021   DINKES SEBUT KASUS AKTIF COVID-19 DI KABUPATEN BEKASI SAAT INI MENCAPAI 750 ORANG   KECAMATAN PAMULANG JADI WILAYAH DENGAN JUMLAH KASUS COVID-19 TERTINGGI DI TANGERANG SELATAN   DINKES: ADA 359 PASIEN COVID-19 DI TANGERANG SELATAN YANG SAAT INI MASIH MENJALANI ISOLASI MANDIRI   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.885: 4.053 SEMBUH, 204 MENINGGAL DUNIA, DAN 628 DALAM PERAWATAN   ANGGOTA KOMISI XI DPR ANIS BYARWATI: WACANA PEMERINTAH YANG AKAN KENAKAN PPN SEMBAKO TAK LOGIS DI MASA PANDEMI   NOVEL BASWEDAN AKUI SUDAH PERNAH MEMINTA HASIL TWK KPK, TETAPI TAK PERNAH DIBERIKAN DENGAN ALASAN RAHASIA   PENYIDIK SENIOR KPK NOVEL BASWEDAN SEBUT TWK JADI CARA PAMUNGKAS HABISI PEMBERANTASAN KORUPSI DI KPK   KEMENANG MENYATAKAN AKAN FOKUS UNTUK LOBI KUOTA DAN MEMPERSIAPKAN PELAKSANAAN HAJI TAHUN DEPAN   GABUNGAN PERUSAHAAN HAJI DAN UMRAH NUSANTARA BERHARAP ARAB SAUDI BUKA IBADAH HAJI PADA SEPTEMBER 2022