Kompas TV klik360 sinau

Sejarah Sidang Isbat dan Penentuan Awal Ramadhan di Indonesia

Senin, 12 April 2021 | 15:44 WIB

SOLO, KOMPAS.TV - Sidang Isbat menjadi ritual tahunan untuk menentukan awal puasa di Indonesia.

Sidang Isbat biasanya digelar pada sore menjelang malam hari, dan disiarkan langsung untuk disaksikan publik.

Berikut fakta-fakta seputar pelaksanaan Sidang Isbat di Indonesia:

Sejarah Sidang Isbat

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), isbat berarti penyungguhan, penetapan, dan penentuan. Sidang Isbat di Indonesia sudah dilaksanakan sejak tahun 1950.

Pada tahun 1972, Kementerian Agama membentuk Badan Hisab Rukyat (BHR) yang terdiri dari para ulama, umaroh, serta ahli astronomi.

Hisab berarti menghitung, dan rukyat berarti memantau.

Tugas BHR adalah melakukan hisab dan rukyatul hilal untuk menetapkan awal Ramadhan, Syawal, dan Zulhijjah.

Rangkaian Sidang Isbat

Peserta Sidang Isbat umumnya terdiri dari perwakilan ormas, MUI, dan Kementerian Agama. Rangkaian Sidang Isbat biasanya diawali oleh pemaparan posisi hilal oleh BHR Kemenag.

Kemudian peserta sidang melakukan sidang tertutup untuk memutuskan kapan terjadinya awal bulan baru Hijriah. Puncaknya, Menteri Agama akan mengumumkan hasil Sidang Isbat dalam konferensi pers di hadapan media yang hadir meliput.

Menurut Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI, Kamaruddin Amin, pelaksanaan Sidang Isbat merupakan penerapan amanah fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 2 tahun 2004.

"Fatwa MUI ini memberikan ruang kepada ormas-ormas di Indonesia karena ada keberagaman dalam prosesnya,", ujar Kamaruddin Amin seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (21/5/2020).

Melalui penetapan ormas-ormas Islam bersama dengan pemerintah, akan menjadi pedoman bagi umat Islam dalam melaksanakan ibadah.(*)

Grafis: Arief Rahman

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:02
SEBANYAK 13 ABK ASAL FILIPINA POSITIF COVID-19 SAAT AKAN BERLABUH DI PELABUHAN TANJUNG INTAN, CILACAP, JATENG   PEMKAB GARUT BEKERJA SAMA DENGAN LIPI KELOLA OBYEK WISATA DANAU SITU BAGENDIT DI KECAMATAN BANYURESMI   LAKUKAN PELACAKAN, PEMKOT TANGSEL PASTIKAN BELUM ADA TEMUAN KASUS BARU INFEKSI KORONA B1617   HARI KEDUA PELARANGAN MUDIK, POLRES TANGERANG KOTA: 58 KENDARAAN DIPAKSA PUTAR BALIK   DISHUB DKI: 515 ORANG MENGAJUKAN PERMOHONAN SIKM, 137 DITOLAK   PEMPROV DKI PUTUSKAN TEMPAT WISATA DI JAKARTA TETAP DIBUKA SAAT LIBUR LEBARAN   LIPI: JIKA PENDEKATAN MILITER TERPAKSA DILAKUKAN, PERLU CARA AGAR TIDAK BANYAK WARGA SIPIL JADI KORBAN   LIPI SEBUT PENDEKATAN NON-MILITERISTIK DIBUTUHKAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH DI PAPUA   LIPI KHAWATIR PELABELAN KKB SEBAGAI TERORIS AKAN MENUTUP DIALOG   LIPI MENILAI PELABELAN KKB SEBAGAI TERORIS TINGKATKAN KONFLIK DAN TIDAK SELESAIKAN MASALAH DI PAPUA   KPK EKSEKUSI MANTAN ANGGOTA BPK RIZAL DJALIL KE LAPAS KELAS IIA CIBINONG, BOGOR   ICW MENILAI KPK MEROSOT SECARA TERSTRUKTUR SEJAK 2019   MANTAN KETUA KPK BUSYRO MUQODDAS: SELAMA INI TIDAK PERNAH ADA FANATISME KELOMPOK AGAMA APA PUN DI KPK   MANTAN KETUA KPK BUSYRO MUQODDAS MEMBANTAH TUDINGAN YANG MENYEBUT ADA KELOMPOK TALIBAN DI TUBUH KPK