Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Manajemen Buka Suara Soal Netizen Sebut Shopee Bayar Kurir Rp1.500/Paket

Kompas.tv - 12 April 2021, 11:25 WIB
manajemen-buka-suara-soal-netizen-sebut-shopee-bayar-kurir-rp1-500-paket
Shopee (Sumber: Dok. Shopee)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- E-commerce Shopee beberapa hari terakhir mendapat banyak protes dari masyarakat. Sebelumnya, pengguna Shopee protes karena sulit memilih jasa pengiriman sesuai yang mereka inginkan. Yang terbaru, Shopee dikritik karena dinilai sudah menindas kurir mereka.

Tagar #ShopeeTindasKurir pun menjadi trending di Twitter. Netizen menilai upah yang diberikan Shopee sebesar Rp1.500/paket kepada kurir terlalu rendah. Netizen juga menyatakan para kurir Shopee tidak mendapatkan gaji tetap. Menanggapi hal ini, Manajemen Shopee buka suara.

Baca Juga: Tampilan Berubah, Netizen Komplain Shopee Tak Bisa Pilih Jasa Pengiriman

Executive Director Shopee Indonesia, Handhika Jahja mengatakan, perusahaan sudah memberikan upah mitra pengemudi Shopee Express (SPX) yang sesuai dengan harga di pasar dan peraturan yang berlaku. Namun, Handhika tidak menyebutkan berapa jumlah pasti upah yang diberikan.

"Shopee Indonesia dapat memastikan pendapatan yang baik bagi mitra pengemudi Shopee Express (SPX). Skema insentif yang ditentukan telah mengikuti tingkat harga yang berlaku di pasar dan dipastikan selalu sesuai dengan peraturan yang berlaku," kata Handhika dalam keterangan tertulisnya kepada media, dikutip Senin (11/04/2021).

Baca Juga: Percepat Pemulihan Nasional, Shopee Hadirkan Pusat Vaksinasi Covid-19 di Bandung

Handhika pun membantah kabar adanya unjuk rasa yang dilakukan kurir di SPX.  Lantaran Shopee selalu mendengarkan masukan dan aspirasi mitra pengemudi SPX.

Shopee juga terus berupaya untuk menjaga kenyamanan dari semua pihak guna mendapatkan titik temu terbaik antara permintaan pengguna dan ketersediaan mitra SPX.

"Kami pastikan bahwa pengiriman barang dari Shopee tetap berjalan dengan normal," ujar Handhika.

Baca Juga: Gandeng Pegiat Sepatu Lokal, Tokopedia akan Luncurkan Produk Kolaborasi

Shopee juga baru mencatatkan peningkatan transaksi dari penjual UMKM hingga 5 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa pada hari puncak Shopee 4.4 Mega Shopping Day.

Menurut Handhika, pencapaian tersebut tidak lepas dari dukungan serta peran para penjual dan mitra brand Shopee yang memeriahkan kampanye awal tahun ini. Shopee pun berharap dapat melanjutkan dan terus berinovasi dalam memberikan layanan terbaik bagi pelaku UMKM.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x